SOSIALISASI BEASISWA LPDP

MENDALO,- Universitas Jambi menerima kunjungan reses Sosialisasi Program Beasiswa LPDP oleh Direktur Beasiswa LPDP, M. Sofwan Effendi dan Komisi XI DPR RI, Hasbi Ansori, S.E., M.M. di Ruang Senat Kampus Mendalo,(10/3). Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. H. RA. Muthalib, M.S., dan dihadiri oleh perwakilan dosen pada setiap fakultas yang ada di Unja.

Prof. Muthalib dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan reses oleh LPDP dan Komisi XI DPR RI untuk mensosialisasikan program beasiswa LPDP ini.

“Saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini sehingga apa yang menjadi pertanyaan para dosen yang akan mengikuti penerimaan beasiswa ini dapat terjawab dalam sosialisasi ini,” ujar Prof. Muthalib.

Prof. Muthalib juga mengatakan bahwa saat ini peserta yang hadir merupakan perwakilan dari masing-masing fakultas yang ada di Unja.

“Dosen yang hadir merupakan perwakilan dari 14 Fakultas yang ada di Unja serta ada juga Dekan dan Wadir 1 Pascasarjana. Saya berharap dengan adanya pertemuan ini, para dosen dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk dapat bertanya langsung dengan narasumber yang hadir,” tukasnya.

Sementara itu Anggota Komisi XI DPR RI Hasbi Ansori mengatakan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi dosen yang akan ikut program beasiswa LPDP ini.

“Hasil dari diskusi hari ini akan saya bawa ke pusat dan akan disampaikan kedalam rapat. Apa yang menjadi pertanyaan dan keluhan dari dosen yang ingin mendapatkan beasiswa ini, merupakan masukan berharga untuk ditindaklanjuti,” ujar Hasbi.

Sementara itu Direktur Beasiswa LPDP, M. Sofwan Effendi kepada peserta sosialisasi mengatakan bahwa beasiswa LPDP diberikan kepada seluruh warga negara Indonesia yang berkeinginan untuk melanjutkan sekolah dengan memiliki syarat.

“Saat ini ada 3 macam kategori beasiswa yaitu Beasiswa Umum, Beasiswa Afirmasi dan Beasiswa Targeted Group,” ujar Sofwan.

Sofwan menjelaskan, beasiswa yang masuk ke dalam beasiswa Afirmasi adalah, beasiswa Alumni Bidikmisi, beasiswa Prasejahtera Berprestasi, Beasiswa Indonesia Timur (BIT), Beasiswa Santri, beasiswa Prestasi Olahraga, Beasiswa prestasi Seni, beasiswa Penyandang Disabilitas dan Beasiswa Daerah tertinggal. Sedangkan Beasiswa Targeted group adalah Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), Beasiswa PNS, TNI, Polri dan Beasiswa Prestasi Olimpiade.

“Beasiswa Untuk tenaga Pendidik (Tendik) itu ada di beasiswa PNS, TNI dan Polri, Beasiswa ini diperuntukan bagi PNS, TNI dan Polri,” jelasnya.

Saat ini penerimaan beasiswa LPDP di sebar ke semua Provinsi yang ada di Indonesia, Provinsi dengan Penerima beasiswa tertinggi adalah Jawa Barat sebanyak 18,5 %, Jawa Timur, 13,8% dan DKI Jakarta 11,35 sementara itu Provinsi Jambi mendapatkan quota sebanyak 0,8% atau sebanyak 189 orang.

Sebagai informasi, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan sebuah lembaga yang bekerja dibawah pengawasan tiga Kementerian yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Program beasiswa LPDP sendiri hanya ada dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta Program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com