SINERGITAS UNJA-RS RADEN MATTAHER TERKAIT PENCEGAHAN COVID-19

MENDALO,- Sehubungan dengan meningkatnya intensitas penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19), maka Universitas Jambi menghimbau agar seluruh Keluarga Besar Unja untuk tetap tenang dan mengedepankan rasionalitas tanpa mengurangi kewaspadaan dalam menyikapi situasi terbaru.

“Pertama, tetap tenang, waspada dan selalu menyikapinya dengan hati-hati. Kedua, dalam penyelenggaraan proses belajar dapat melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu menggunakan e-learning management sistem yang ada di Unja maupun sarana dan media serta model pembelajaran lain yang bersifat online untuk mengatasi dan untuk mencegah interaksi antar mahasiswa dan dosen yang sifatnya kontak langsung,” ujar Rektor dalam keterangannya.

Rektor juga mengatakan, saat ini Unja telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi mengenai pencegahan covid-19.

“Terkait dengan penangan pencegahan, Unja saat ini sudah bekerjasama dengan Rumah sakit Raden Mattaher.  Secara teknis akan dikoordinasikan oleh Dekan FKIK dan Rumah sakit Raden Mattaher. Mudah-mudahan langkah yang kita lakukan ini dapat membantu penanganan covid-19 yang tengah mewabah saat ini,” terang Rektor.

Sementara itu Dekan FKIK, Dr. dr. Herlambang, Sp.OG,KFM memgatakan bahwa saat ini FKIK juga telah bekerjasama dengan Rumah sakit Mitra Unja lainnya dalam mengantasipasi covid-19.

“Dalam rangka pencegahan dan mengantisipasi covid-19 yang sedang pandemi, Kami berkolaborasi dengan rumah sakit mitra Unja dalam mengantisipasi penyebaran virus. Hal-hal yang terkait pembelajaran baik itu akademik dan pembelajaran magang di rumah sakit mitra, kita mengantisipasi dan memberikan suport dalam hal pencegahan,” kata Dekan.

Herlambang juga menyebutkkan, pembelajaran dengan kontak langsung akan dialihkan sementara menjadi proses pembelajaran e-Learning.

“pembelajaran dan magang yang bersifat kontak langsung akan dialihkan sementara dengan menggunakan proses pembelajaran e-Leraning dan daring sebagai sistem yang bisa digunakan,” jelasnya.

Sementara itu Direktur RS Raden Mattaher Jambi yang diwakili oleh Wakil Direktur SDM Sarana dan Prasarana H. M. Safrizal, M.Kep dalam keterangannya menyampaikan beberapa hal terkait dengan covid-19.

“Saat ini kita bekerja dengan semua pihak termasuk dengan Unja mengenai pelayanan tanggap darurat. RS Raden Mattaher telah menyiapkan instrumen dalam merespon pandemi ini. Pertama, melaksanakan Instruksi Gubernur terkait dengan pencegahan virus corona, kemudian membuat surat edaran nomor 13/rsud/3.1/III/2020 tentang penyebaran pencegahan virus corona dan juga penanganan untuk menyiapkan ruang isolasi pasien yang diduga terkena virus,” terang Safrizal.

Safrizal berharap, dengan mengambil langkah-langkah tersebut diyakini dapat mengatasi wabah penyakit ini.

“Harapan kita bersama, penyebaran virus ini bisa dikendalikan bahkan diatasi. Khusus kepada dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan di RS, kami  tetap semangat bekerja berdasarkan protokoler yang telah disiapkan,” pungkasnya.

HUMAS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com