MENGENAL SOSOK DR. JUNAIDI, DEKAN TERPILIIH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS 2020-2024

MENDALO,- Setelah terpilih menjadi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi periode 2020-2024, Dr. Junaidi memiliki Visi Misi menyelenggarakan pendidikan berstandar nasional dan internasional dengan berbasis transformasi digital.

Pria kelahiran Padang pada 2 Juni 1967 ini merupakan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Jambi Jurusan IESP pada tahun 1986. Dr. Junaidi melanjutkan Studi S2 di Universitas Gadja Mada Jogyakarta pada tahun 1993 serta melanjutkan S3 di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2007.

“Misi selanjutnya adalah mengembangkan budaya penelitian multidisiplin dan atmosfer akademik dalam jejaring global. Kemudian Membangun center of excellence (CoE) untuk pengembangan kewirausahaan serta membangun kemitraan strategis dalam satu rantai nilai yang setara dan saling menguntungkan,” ujar Junaidi.

Tujuan dari Visi misi tersebut menurut Dr. Junaidi adalah untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, inovatif, kreatif, berjiwa kewirausahaan serta berdaya saing global.

“Oleh karena itu, Output yang diinginkan adalah menghasilkan produk dan karya ilmiah berkualitas dan bertaraf internasional di bidang ekonomi, bisnis, dan kewirausahaan. Saya juga memiliki misi menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan IPTEK dan mampu menggerakkan sumberdaya masyarakat serta membangun kerja sama strategis dengan pemerintah, dunia industri, serta lembaga-lembaga pendidikan bereputasi nasional dan internasional,” jelasnya.

Selain itu, Program Kerja 2020-2024 disusun dan dilaksanakan dengan landasan nilai Pengakuan dan penghargaan pada talenta kreatif dan inovatif yang menginspirasi berbagai bidang.

“Pada bidang pendidikan, strategi yang akan dipakai adalah meningkatan mutu pendidikan berstandar internasional, seperti pengembangan praktek pembelajaran berstandar internasional, kelas berbahasa Inggris, online international lecture, summer course, dan academic exchange dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri dalam rangka pencapaian akreditasi internasional (AACSB, ABEST21) dan sertifikasi internasional (AUN QA). Program lainnya yaitu peningkatan akreditasi nasional dengan target seluruh program studi terakreditasi dengan peringkat unggul (A), serta revisi kurikulum berbasis KKNI yang disesuaikan dengan konsep pendidikan merdeka belajar dan kampus merdeka dengan dukungan revisi peraturan akademik,” terang Junaidi.

Junaidi juga menjelaskan, Program lainnya yang akan dikerjakan adalah dengan menambahkan Program Studi baru di fakultas

“Pembukaan Program Studi baru (S1: Program Studi Ekonomi Digital; S3: Program Doktor Ilmu Manajemen dan Program Doktor Ilmu Akuntansi) adalah target yang akan direalisasikan. Selain itu, Peningkatan kualitas PBM yang inovatif melalui implementasi blended learning secara luas dan pendirian laboratorium di tingkat jurusan yang bekerjasama dengan industri dan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai praktik-praktik bisnis/kerja di dunia nyata juga menjadi target yang ingin kita capai,” jelasnya.

Pada bidang bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Junaidi juga mengatakan akan melakukan penyusunan dan penguatan road map penelitian fakultas dan jurusan sesuai dengan prioritas Universitas Jambi dan nasional yaitu peningkatan jumlah penelitian kompetitif melalui lokakarya alat/metode penelitian serta pemberdayaan peer group serta peningkatan kerjasama dengan peneliti luar dalam riset dan publikasi

“Peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan Desa Mitra, Peningkatan kegiatan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat melalui promosi dan kerjasama dengan pemerintah daerah dan industri,” terangnya.

Kemudian, Untuk meningkatan Jumlah dan Mutu Publikasi Nasional dan Internasional akan dilakukan beberapa hal seperti peningkatan publikasi internasional terindeks di lembaga bereputasi (Scopus, WOS dan lainnya) melalui fasilitasi dan pemberdayaan peer group serta insentif publikasi jurnal terindeks.

Pada Bidang Kemahasiswaan, Strategi yang digunakan adalah peningkatan pembinaan kegiatan kemahasiswaan yaitu pengembangan softskill mahasiswa secara luas dan mengembangkan klinik Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dalam rangka pembinaan talenta, minat kewirausahaan dan start up bisnis.

HUMAS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com