MENGENAL SOSOK PROF. DR. IR. SUANDI, M., Si.

DEKAN TERPILIIH FAKULTAS PERTANIAN 2020-2024

MENDALO,- Setelah terpilih menjadi Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jambi periode 2020-2024, Prof. Suandi memiliki Visi misi mempersiapkan Fakultas Pertanian sebagai Fakultas yang mampu bersaing secara global berbasis kewirausahaan berkelanjutan.

Pria Kelahiran Jujun Kerinci pada 01 Nopember 1963 merupakan Alumni Fakultas Pertanian Bidang Ilmu sosial Ekonomi pada tahun 1982, kemudian melanjutkan Studi S2 di Universitas Gadja Mada pada tahun 1993 dan melanjutkan mengambil S3 di Institut Pertanian Bogor pada tahun 2003.

Menjadi Calon Dekan, Prof. Suandi memilik Visi yaitu mempersiapkan Fakultas Pertanian Universitas Jambi sebagai Fakultas yang Mampu Bersaing secara Global berbasis Kewirausahaan Berkelanjutan.

Sedangkan Misinya adalah Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, transparan, dan unggul dalam rangka mencerdaskan dan membangun karakter bangsa.

“Misi lainnya adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian yang mampu berdaya saing secara global berbasis kewirausahaan berkelanjutan serta membangun suasana akademik yang kondusif dan profesional di bidang pertanian dengan menghasilkan lulusan berakhlak mulia dan berkarakter tinggi dan mempunyai kompetensi ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi dibidang pertanian secara global,” ujar Prof. Suandi.

Prof. Suandi juga menjelaskan tujuan penyelenggaraan pendidikan di Fakultas Pertanian yaitu melahirkan lulusan yang mampu menguasai ilmu pengetahuan, dan teknologi bidang pertanian.

“Mampu mengkaji berbagai fenomena pertanian terkini dalam mewujudkan peningkatan kapasitas penelitian dan kesejahteraan masyarakat, serta Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kajian penelitian dan PPM melalui Fakultas Merdeka dan Kuliah Merdeka dalam mewujudkan Era Industri 4.0 berbasis kewirausahaan berkelanjutan,” jelasnya.

Di Bidang Sarana, Prasarana dan Fasilitas Prof Suandi akan melakukan peningkatan sarana-prasarana laboratorium menuju ISO dan juga peningkatan sarana-prasarana perpustakaan berbasis digital dan terintegrasi.

“Lalu ada peningkatan sarana-prasarana kebun percobaan, dan rumah kaca, pembangunan studi mini sebagai pusat informasi dan promosi hasil karya Fakultas Pertanian dengan dukungan peningkatan kenyamanan ruang kuliah, seminar dan ruang ujian, dan peningkatan kenyamanan ruang prodi, dosen dan ruang Administrasi dan peningkatan fasilitas dasar (air, listrik, internet, rumah ibadah, toilet, dll),” ujar Prof. Suandi yang memilik 22 judul penelitian di 5 tahun terakhir.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia, Prof. Suandi memiliki program kerja yaitu Meningkatkan jumlah dosen berpendidikan S-3 serta mendorong percepatan jabatan Lektor Kepala dan percepatan Guru Besar.

“Selain itu, untuk meningkatkan SDM di Fakultas Pertanian, Pengembangan kualitas dosen dalam PBM berbasis digital juga merupakan prioritas kedepan. Pengembangan kualitas tenaga kependidikan (laboran, teknisi, dan pustakawan) berbasis digital, Pemberian penghargaan (rewards) kepada SDM yang berprestasi, rekruitment calon mahasiswa luar negeri, Pertukaran mahasiswa berprestasi (student exchange) pada PT (L/D), Pengembangan kreativitas, dan inovasi serta bahasa asing mahasiswa juga masuk dalam serial program prioritas,” jelasnya

Untuk mensinkronkan dengan program kerja Rektor, Prof. Suandi mengatakan memiliki Faperta SMART yang merupakan Program kerja yang akan mensinkronkan dengan UNJA SMART.

Faperta SMART yaitu (S) = Student Achievement, yaitu revisi kurikulum dan sistem pembelajaran digital menuju Era Industri 4.0. Pengembangan dan pembinaan kewirausahaan berbasis agroindustry, Persentase lulusan yang langsung bekerja, dan Pembinaan kompetesi Nasional/Internasional, serta Penguatan bahasa asing,” jelas Prof. Suandi.

Kemudian Suandi melanjutkan, (M) = Management Transformation adalah Penguatan kelembagaan status BLU, Penataan keuangan berbasis digital, Tanggung jawab dan rransparan, Pengembangan klinik pertanian sebagai bisnis center (Sains Tekno Park dan Pusat Inovasi), Penataan SDM Dosen dan Tendik, Pengembangan Laboratorium menuju ISO, dan Pengembangan perpustakaan berbasis digital dan terintegrasi.

(A) Academic Reputation adalah Pengembangan penelitian berbasis Inovasi, agroindustry dan sumberdaya lokal, Pengembangan dan optimalisasi kerjasama dengan Pemerinta Daerah, Stakeholder, serta PT (L/D), Pertukaran Mahasiswa berprestasi (student exchange) dengan PT (L/D), Pengembangan dan optimalisasi Kerjasama Pendidikan dan penelitian luar negeri.

(R) = Relevance in work graduation adalah Pengembangan dan optimalisasi teaching industry berbasis Kewirausahaan berkelanjutan, KKN/Magang terintegrasi, Promosi lulusan kepada Stakholder dan user sedangkan (T) = Technology for digital transformation adalah Pengembangan dan optimalisasi pembelajaran digital, dan Pengembangan dan optimalisasi layanan administrasi dan keuangan secara digital.

HUMAS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com