“DONASI ALUMNI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN”

JAMBI,- Pandemi Virus Corona 2019 atau lebih dikenal dengan Covid 19 telah berdampak luas. Setidaknya berdasarkan laporan badan kesehatan dunia WHO, wabah Covid 19 ini sudah menyebar di 210 negara.

Pandemi ini telah mewabah di lebih dari 2 juta penduduk dunia dengan lebih dari 200 ribu kematian.

Di Indonesia sendiri pandemic ini, menurut juru bicara Gugus Tugas Penangan Covid 19, sudah memakan korban dengan lebih dari 10 ribu pasien yang dinyatakan positif Covid 19, 700 lebih kematian dan yang sembuh sudah lebih dari 1000 orang.

Pada sektor perekonomian juga memliki dampak, banyak PHK terjadi Hal yang juga tak kalah mengerikan selain korban meninggal dan sakit adalah dampak lain dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Atas dasar tersebut, Alumni Masister Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Jambi melakukan gerakan memberikan bantuan berupa sembako kepada Masyarakat yang terdampak pada Pandemi Covid-19 yang disebut “Magister Teknologi Pendidikan Peduli Covid-19”.

Ketua Alumni MTP, Dr. Sofyan, mengatakan, saat ini sektor perekonomian dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat dari stagnya arus transaksi dan aktivitas perekonomian.

“ Gelombang PHK terjadi dan menimbulkan pengangguran serta daya beli masyarakat yang menurun. Tatanan sosial, dengan adanya kebijakan social distancing dan physical distancing telah membatasi interaksi antar manusia. Pelayanan publik dan birokrasi dampaknya tidak bisa dilakukan secara langsung akibat para pegawai dan karyawan harus bekerja dari rumah (work from home). Dan yang tak kalah terdampak adalah dunia pendidikan dan pembelajaran,” ujarnya.

Menghadapi situasi ini, himpunan Alumni Magister Teknologi Pendidikan (TP) Universitas Jambi selaku program magister tertua di Universitas Jambi melakukan gerakan Magister Teknologi Pendidikan PeduliCovid 19.

“ Gerakan ini digagas bersama berapa alumni untuk turut berempati terhadap masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19, Tujuan gerakan ini adalah selain meningkatkan rasa empati, juga turut peduli dengan memberikan paket sembako untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak,” jelas Sofyan.

Kemudian Sofyan juga mengatakan ia bersama anggota lainnya menghimpun kepedulian dari para alumni yang tersebar di seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi dan beberapa alumni yang berada di beberapa provinsi lain.

“ Gerakan ini dirilis sejak tanggal 15 Aril 2020, selama lebih kurang 15 hari dan telah mampu menghimpun dana tunai sebesar Rp.12.200.000,-. Dana ini dikonversi dalam bentuk paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat yang terdampak,” jelasnya.

Adapun kriteria yang mendapat donasi paket sembako dari para alumni adalah masyarakat yang di PHK, lansia, fakir miskin, yatim piatu, pensiunan guru, tenaga honorer lepas, petugas kebersihan sekolah, ibu-ibu kantin sekolah, ojek pangkalan, dan pemulung.

Pembagian donasi dari Gerakan Alumni TP Peduli Covid 19 ini dilaksanakan pada Jumat, (1/5) di Kampus Universitas Jambi di Kel. Orang Kayo Hitam, Pasar Jambi. Penyerahan donasi dihadiri langsung oleh Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Hj. Anis Tatik Maryani, M.P., Ketua Prodi Magister TP, Dr. Hary Sudarto Haryono, M.Pd., dan beberapa alumni sebagai panitia donasi.

Proses pembagian dilakukan dengan memperhatikan protokol penangan Covid 19, baik petugas maupun penerima manfaat dengan menghindari kerumunan massa, tetap menggunakan masker, dan mengatur jarak fisik.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com