PUI-PT UNJA, JALAN KITA MENCAPAI VISI

PUI-PT merupakan salah satu istilah yang cukup populer akhir-akhir ini dan banyak dibincangkan di lingkungan Universitas Jambi. Memang, PUI-PT masuk dalam program strategis Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sustrisno, M.Sc., Ph.D. yang baru menjabat lebih kurang 100 hari. Komitmen dan supporting pimpinan dalam mengembangkan PUI-PT Universitas Jambi berbasis local content and culture ini serta merta telah mengobarkan api semangat dan dedikasi luar biasa para dosen pengembang PUI.

Ini terbukti bahwa hanya dalam waktu tak lebih dari 2 minggu, dan ditengah pandemi Covid-19 pula, Tim PUI-PT Universitas Jambi telah mampu membentuk 8 (delapan) PUI-PT baru melengkapi PUI-PT yang sudah ada, dan menyelesaikan proposal Hibah Penguatan PUI-PT untuk disusulkan ke Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemendikbud tahun 2020 sebelum deadline waktu yang ditetapkan. Pertanyaannya adalah apa sih PUI-PT itu? Apa urgensinya bagi UNJA dan peran apa yang diharapkan dari PUI-PT dalam membangun institusi UNJA mencapai visi besarnya menjadi “A World Class Entrepreneurship University”? Tulisan berikut ini akan memberikan jawaban pertanyaan tersebut.

Ikhwal PUI-PT

PUI-PT adalah akronim dari Pusat Unggulan Ipteks-Perguruan Tinggi yang merupakan upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memperkuat kelembagaan IPTEKS. Program pengembangan PUI dimulai sejak tahun 2010 oleh Kementerian Riset dan Teknologi, dan selanjutnya diperluas pada tahun 2014 seiring bergabungnya Kementerian Ristek dan Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendiknas menjadi Kemenritek-Dikti. Pada tahun 2016, kegiatan pengembangan PUI diperluas lagi untuk menghasilkan berbagai karya monumental dalam bidang sains dan teknologi yang khusus dilaksanakan di perguruan tinggi, dan PUI berubah nama menjadi PUI-PT. Dengan dikembalikannya Pendidikan Tinggi ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka kelembagaan PUI yang sudah terbentuk di banyak Perguruan Tinggi bernaung di bawah Direktorat Kelembagaan, Dirjen DIKTI.

Saat ini, PUI-PT diarahkan untuk penguatan lembaga penelitian yang ada di perguruan tinggi agar mampu mendapatkan rekognisi ilmiah kelas dunia di bidangnya, serta menghasilkan produk baik ilmu pengetahuan, teknologi, maupun produk inovasi yang berbasis demand driven dalam rangka mendukung peningkatan daya saing pengguna sains dan teknologi (dunia usaha, Industri Kecil dan Menengah (IKM), pemerintah, dan masyarakat) sesuai potensi ekonomi daerah dan tema/isu strategis dalam delapan bidang fokus pembangunan IPTEKS (Direktorat Kelembangaan Ditjen Dikti, 2020).

Dengan demikian, program penguatan PUI-PT diharapkan mampu menghasilkan lembaga riset yang unggul dari sisi penguasaan sains, teknologi, dan inovasi sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga yang nantinya akan menjadi pendukung agenda kegiatan pengembangan Science and Technology Campus (STC). Jadi, pada saat sebuah Lembaga PUI-PT sudah mencapai taraf excellence, maka lembaga PUI-PT tersebut akan tetap ada, namun output teknologi dan sainsnya ditransfer ke STC.

Multifungsi PUI-PT

Bagi Universitas Jambi, eksistensi lembaga PUI-PT sangat penting dan strategis karena memiliki fungsi ganda (multifungsi) yang berorientasi pada pencapaian visi lima tahunan Rektor dan visi jangka panjang Universitas, yaitu menjadi “A world class entrepreneurship university”. Beberapa fungsi PUI-PT bagi UNJA antara lain sebagai berikut:

  1. Pengembangan kapasitas SDM

Keberadaan PUI-PT Universitas Jambi akan menjadi salah satu pusat kegiatan tridharma perguruan tinggi bagi tenaga pendidik di lingkungan UNJA. Dengan demikian, PUI-PT akan mampu menghela tumbuhkembangnya SDM UNJA, khususnya para dosen, dengan budaya unggul dan terjadinya proses transfer of knowledge kepada generasi baru  di bidang keilmuan dan teknologi yang berbasis kearifan dan muatan lokal. Kegiatan-kegiatan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengebdian kepada masyarakat) yang dilakukan secara terencana, terarah dan terukur dan terintegrasi pada PUI-PT diharapkan dapat mendorong  kapabilitas dan inovasi riset dan pengembangan, serta penguatan kapasitas riset dan publikasi para dosen.

Selanjutnya, hasil-hasil riset dan pengembangan serta technologi baru yang dihasilkan pada PUI-PT secara proaktif disebarluaskan ke masyarakat melalui berbagai cara seperti forum-forum ilmiah, sosialisasi, dan/atau dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional bereputasi. Dengan begitu, kapasitas riset dan publikasi para dosen Universitas Jambi dapat ditingkatkan.

Proses peningkatan kualitas dan kapabiltas riset dan publikasi dosen serta transfer of knowledge and technology dapat berlangsung secara terus menerus (continuous improvement) antar dosen, dari dosen senior kepada dosen yunior atau dari periset luar kampus dan luar negeri melalui riset kolaboratif. Selain itu, softskills para dosen berupa collaborative dan communication skills juga bisa terasah karena terjadi komunikasi yang intens antara peneliti yang terlibat dalam integrative and interdisciplinary research di PUI-PT. Jadi, sangat beralasan pembentukan dan pengembangan PUI-PT UNJA dijadikan salah satu langkah strategis dalam pengembangan kapasitas SDM Universitas Jambi

  1. Kegiatan merdeka belajar

 Prinsip utama dari merdeka belajar kampus merdeka adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih kegiatan belajar di luar program studi dan di luar kampus sesuai kebutuhan dan talentanya. Ini dimaksudkan agar kapabilitas dan talenta para mahasiswa dapat terbina secara optimal. Menurut Howard Gardner (1993) setiap manusia bisa memiliki kecerdasan ganda apa yang disebut “multiple intelligencies”.

Seorang mahasiswa yang kuliah di program studi ilmu hukum, akuntansi atau pertanian dan lain-lain boleh jadi memiliki kompetensi di bidang lain seperti TIK, entrepreneurship, dan sebagainya. Jika semua kompetensi lainnya ini terolah dengan baik maka para lulusan perguruan tinggi akan memiliki skill dan kapabilitas serta memiliki daya saing tinggi, sehingga para mahasiswa akan lebih mudah beradaptasi baik sebagai job seeker maupun job creator setelah menyelesaikan kuliahnya karena semua kompetensi yang ada padanya terasah dengan baik dan optimal.

Terkait dengan hal itu, maka Universitas Jambi perlu menyediakan tempat dan fasilitas yang cukup bagi para mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan merdeka belajar di luar program studi dan luar kampus. Pengembangan PUI-PT UNJA adalah salah satu kebijakan strategis dalam mendukung program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka bagi para mahasiswa di lingkungan Universitas Jambi.

Ke depan, bukan tidak mungkin PUI-PT akan menjadi pusat kegiatan merdeka belajar bagi mahasiswa dari kampus lain di tanah air bahkan mahasiswa asing. Dengan demikian kompetensi mahasiswa UNJA akan lebih utuh mencakup hardskill, sofskill dan belajar interkultur (intercultural learning), dan secara tidak langsung mereka akan terlatih dan terbiasa mempraktikan salah satu pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu “learning to live together”. 

  1. Kerjasama dalam dan luar negeri

 Keberadaan PUI-PT UNJA menjadi wadah untuk melakukan kerjasama di bidang tridharma perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri. Dalam hal ini, kita perlu melengkapi PUI-PT ini dengan fasilitas, sarana dan prasarana serta piranti lunak yang lengkap dan berkualitas agar kegiatan tridharma dimaksud dapat berjalan lancar dan berkualitas. Jika ini dilakukan, tidak sulit bagi UNJA menawarkan berbagai kerjasama simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Para mahasiswa asing yang berminat join riset (S1, S2, S3) dan pengabdian internasional di PUI-PT yang ada di UNJA dapat diregistrasi 1-2 semester sebagai mahasiswa Universitas Jambi. Dapat dibayangkan bagaimana ragam kegiatan para dosen UNJA di masa depan dengan adanya PUI-PT, tidak lagi terbatas mengajar dan membimbing mahasiswa UNJA akan tetapi juga mahasiswa manca negara.

Kolaborasi bidang riset yang akan kita bangun terbuka dengan berbagai pihak, termasuk dengan lembaga-lembaga litbang baik pemerintah maupun non pemerintah dalam dan luar negeri. Hal ini akan mempercepat terjadinya proses alih teknologi dan pengetahuan bagi para dosen dan mahasiswa UNJA, juga menjadi jembatan emas dalam mencapai “link and match” antara perguruan tinggi dan industri. Hasil-hasil penelitian kolaboratif dapat dipublikasikan bersama pada jurnal-jurnal internasional bereputasi dan dipatenkan, bahkan dikomersialisasikan. Maka jadilah PUI-PT UNJA menjadi Science and Technology Campus (STC) yang akan memberikan income generating bagi institusi UNJA sebagai badan layanan umum (BLU).

  1. Pengembangan entrepreunership

 Entrepreneurship merupakan salah satu kata kunci dari visi Universitas Jambi, yaitu menjadi “A world class entrepreneurship university”. Kata “entrepreneurship” disini tentu tidak dalam arti sempit “pengusaha atau pebisnis”, jual produk dan lain-lain, melainkan dalam arti luas yang mencakup pola pikir dan sikap. Sebagai sikap, entrepreneurship diartikan sebagai keinginan yang kuat pada diri seseorang untuk mengubah dunia melalui ide dan inovasinya dan keyakinannya dalam melakukan perombakan sistem, mengubah ide baru atau penemuan baru menjadi sebuah inovasi yang sukses. Keberadaan PUI-PT UNJA dapat memfasilitasi ditemukannya ide-ide dan produk-produk inovatif baru yang bisa dijadikan produk komersial.

Ini membuka peluang bagi para mahasiswa dan dosen yang kreatif untuk menciptakan bisnis “starup” dengan sentuhan teknologi. Kemampuan entrepreneurship para mahasiswa akan lebih optimal ditingkatkan melalui kerjasama dengan starup unicorn yang sudah eksis di Indonesia dan dunia, seperti tokopedia, bukalapak, traveloka dan lain-lain.

Jika warga UNJA bahu membahu dan memiliki mindset yang sama dalam membangun kapasitas dan kapabilitas entrepreneurship para mahasiswa, bukan mustahil akan tumbuh starup baru ala UNJA di masa datang. Kuncinya adalah inovasi, kreativitas dan kolaborasi. Jadi, visi besar UNJA menjadi “Universitas entrepreneurship kelas dunia” tak ada artinya jika usaha dan peta jalan kearah sana tidak disiapkan dari sekarang.

Visi adalah impian dan cita-cita kita warga UNJA. Untuk mencapainya, harus jelas tergambar dalam kebijakan, milestone roadmap, rencana strategis, kurikulum dan program aksi. Dalam hal ini, PUI-PT UNJA merupakan program strategis, jalan mencapai visi Universitas Jambi.

Insya Allah….

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com