Seminar Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar Melalui Daring

JAMBI,- Rektor Unja, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D membuka secara resmi seminar Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar bersama pakar kurikulum Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T, melalui daring, Jum`at (12/6).

Seminar diikuti oleh Dekan, wakil dekan, ketua Prodi serta LP3M di lingkungan Universitas Jambi, Rektor Unja mengatakan kepada peserta seminar untuk dapat melanjutkan punyusunan dari kaidah-kaidah kurikulum yang akan disampaikan oleh narasumber.

“ Ada beberapa hal yang mungkin perlu kami sampaikan dalam rangka penyusunan kurikulum kampus merdeka, merdeka belajar, pertama kami berharap setelah selesainya nanti dan mendapatkan pencerahan bagi teman teman bapak dekan atau yang mewakili mohon kiranya Bapak ibu sekalian untuk melanjutkan penyusunan dari kaidah-kaidah kurikulum mulai dari capaian pembelajaran, model pembelajaran termasuk kepada sistem penilaian dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana suatu pemikiran untuk delivery system dalam satu pembelajaran,” ujar Rektor.

Selain itu Rektor juga mengatakan saat ini Unja telah memiliki 33 partner perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

“ Universitas Jambi secara tertulis sekarang telah memiliki partner perguruan tinggi 33 perguruan tinggi negeri ada juga PTS dan nanti akan ditambah lagi 11 perguruan tinggi yang sekarang dalam proses untuk memfasilitasi nanti Student Exchange, sekarang sudah saya tanda tangani dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di luar negeri jadi mohon kiranya itu dalam rangka memerdekakan mahasiswa kita untuk belajar ini, partnership dari beberapa perguruan tinggi menjadi hal yang sangat penting,” Jelas Rektor.

Hal kedua yang dikatakan Rektor adalah segera akan dibangun center of excellence yang dapat dipergunakan mahasiswa sebagai bentuk wahana praktek bagi mahasiswa.

“ Terkait dengan pengembangan memerdekakan mahasiswa untuk belajar ini bahwa Unja akan membangun 9 centre of excellence yang berbasis pada kearifan lokal dan itu tentunya dapat digunakan sebagai wahana praktek, magang, apapun kegiatan mahasiswa dan civitas akademika baik dalam kerja sama dalam penelitian pengabdian dan kegiatan pembelajaran,” tutur Rektor.

Sementara itu Penanggung jawab seminar Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si mengatakan seminar Kampus Merdeka dan Merdeka belajar mendengarkan paparan dari salah satu pakar kurikulum.

“ Pada kesempatan ini kita sangat bahagia karena akan mendapatkan pencerahan dari pakar kurikulum bapak Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T selain itu pada kesempatan ini kita juga mendapatkan kehormatan karena Bapak Rektor berkenan memberikan sambutan pada kegiatan ini,” ujar Dr. Kamid.

Kegiatan yang dilakukan secara daring ini mendengarkan pencerahan dari Dr. Syamsul Aripin dalam paparannya ia membahas tentang Merdeka belajar-Kampus Merdeka dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi Sesuai dengan KKNI dan SN-Dikti Dengan Pendekatan OBE.

Silvia Yuliansari

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com