Unja dan Pemkab Merangin Bahas Perjanjian Kerjasama

TELANAIPURA,- Bertempat di rumah dinas Rektor Unja di Telanai pura, Rektor Unja Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D melakukan pertemuan dengan jajaran pemda Merangin, Pertemuan tersebut di lakukan menindak lanjuti MOU antara Unja dan Pemkab Merangin beberapa waktu yang lalu, pertemuan kali ini di lakukan guna merumuskan substansi dari perjanjian kerjasama dalam bidang penelitian biosains dan bioteknologi bagi dosen maupun mahasiswa dalam rangka kampus merdeka dan merdeka belajar, Jum`at (19/6).

Perumusan kerjasama tersebut tetap berpedoman pada pusat unggulan yang miliki oleh Unja dengan mengfokuskan penelitian mahasiswa dan dosen di bidang biosains dan bioteknologi yang berlokasi di geopark merangin. Kabupaten Merangin dipilih sebagai lokasi penelitian karena sesuai dengan hasil riset di sumatera yang mempunyai keragaman geopark paling komplit hanya ada di Merangin, keuntungan yang akan di dapat oleh pemerintah kabupaten merangin yakni nantinya dapat mensejahterakan masyarakat sekitar dengan mengangkat bidang pariwisata karena secara tidak langsung dengan adanya penelitian geopark merangin akan terpublish.

Kegiatan dihadiri Rektor Unja, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D, Wakil Rektor dilingkungan Unja, Kepala Bappeda Kabutapen Merangin, Dr. Agus Zainuddin, M.Sos, M.Hum, Ketua Parpora Kabupaten Merangin, Dedi Darmantias, Dekan Fakultas Saintek, Prof. Damris, Dosen dan Tim PUI Unja serta Tim dinas ESDM Provinsi Jambi.

Rektor Unja, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D mengatakan kerjasama yang dilakukan dengan Pemkab Merangin yaitu menjadikan kawasan Geopark Nasional Merangin sebagai salah satu tempat penelitian dan belajar mahasiswa Unja.

“ Mahasiswa Unja nantinya akan melakukan penelitian dimana saja, salah satunya di Geopark Merangin Jambi, untuk itu Unja memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan Geopark Nasional Merangin Jambi sebagai salah satu tempat penelitian bagi mahasiswa Unja,” ujar Rektor.

Selain itu Rektor juga mengatakan Untuk menyambut kampus merdeka dan merdeka belajar Unja memberikan dukungan terhadap pengembangan Geopark Nasional Merangin Jambi.

“ Unja memberikan dukungan terhadap pengembangan Geopark Nasional Merangin Jambi dari segala aspek, salah satu bentuk dukungan Unja yaitu adanya Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Geowisata di Kabupaten Merangin yang dikelola oleh Gemar (Geopark Merangin) merupakan salah satu lembaga yang di bentuk oleh Universitas Jambi, pengembangan yang akan dilakukan terhadap Geopark Nasional Merangin Jambi nantinya meliputi seluruh disiplin ilmu bukan hanya Geologi,” terang Rektor.

Sementara itu Kepala Bappeda Merangin, Agus Zainudin mengatakan pihaknya akan siap menerima kerjasama di bidang penelitian ini dalam rangka Kampus Merdeka dan merdeka belajar.

“ Sejauh ini geopark di kembangkan melalui dinas pariwisata dengan adanya penelitian ini dapat mengangkat produk produk unggulan, selain itu juga dapat mengembangkan ilmu pengetahuan di seluruh dunia serta dapat menarik perhatian peneliti dari nasional maupun internasional untuk dapat berkunjung ke merangin,” jelas Agus.

Silvia Yuliansari

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com