Unja Siap Laksanakan UTBK-SBMPTN 2020

MENDALO,- Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, namun di tengah pandemic covid-19 beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia ada yang telah siap melaksanakan UTBK-SBMPTN 2020 namun ada juga beberapa perguruan tinggi yang belum siap mengadakannya, Universitas Jambi melalui Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si menyatakan Unja Siap melaksanakan pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020.

Hal ini diungkapkan Dr. Kamid pada pelaksanaan rapat Koordinasi Panitia UTBK-SBMPTN Unja Kamis, (18/6) di Ruang Senat Gedung Rektorat Unja Mendalo, ia menyebutkan bahwa Unja siap melaksanakan pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020.

“ Panitia pusat mengizinkan kita jika sudah siap untuk melaksanakannya, untuk wilayah zona merah virus corona ini bisa menunda pelaksanaan di akhir bulan, tetapi kita Unja Siap melaksanakannya walaupun pak rektor tidak mau nanti menjadi penyebab timbulnya Claster baru dalam pandemi covid ini tetapi kita melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, dan dari 78 PTN yang ada hampir 65% itu menyatakan kesiapan dan beberapa lagi belum menyatakan siap karena masih dalam zona merah,” ujar Dr. Kamid.

Kemudian ia mengatakan untuk pelaksanakan UTBK ini menggunakan protokol kesehatan yang ketat sehingga keselamatan manusia merupakan hal yang sangat penting.

“ Kita termasuk Universitas yang siap jalan, siap menyelenggarakan pelaksanaan UTBK dan saat ini kita harus mempersiapkan pelaksanaan khususnya dilapangan hal apa yang perlu diperhatikan karena Ketua LMPT dan Ketua Majelis Rektor PTN menyatakan keselamatan manusia itu paling penting, oleh karena itu kita harus mengikuti standar protokol kesehatan sesuai denga standar dari gugus covid-19, seperti mulai dari kedatangan peserta tes, parkirnya, sampai pulang,” jelas Dr. Kamid.

Sementara itu Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M. mengatakan Unja akan tetap mengikuti protokol kesehatan dalam menjalankan pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020.

“ Untuk pelaksanaannya kita tetap menggunakan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh gugus covid-19 seperti menjaga jarak, sosial distancing baik didalam dan diluar ruangan dan hal-hal lainnya,” ujarnya.

Silvia Yuliansari

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com