PPM IPTEK HADIR DI JAMBI KOTA SEBERANG

MENDALO,- Sebagai wujud dari pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi Tim Dosen Universitas Jambi (Unja) melakukan pengabdian kepada masyarakat. Tim yang terdiri dari Dr. Sofyan, S.Pd., M.Pd yang bertindak sebagai Ketua serta anggota dosen lain yaitu Dr. Drs. H. Firman, M.Si., Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd., Robin Pratama, S.Pd., M.Pd., dserta Mohammad Sofwan, S.Pd., M.Pd, menyelenggarakan kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang bertempat di MTs Al Jauharen, Kelurahan Tanjung Johor, Kecamatan Pelayangan, Jambi Kota Seberang.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Unja dalam membangun kemitraan serta mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dari disiplin ilmu yang ada,” ujar Bradley dalam keterangannya.

Sementara itu, latar belakang dilaksanakan kegiatan ini adalah keinginan untuk membantu lembaga sekolah, dalam hal ini pesantren atau madrasah untuk memiliki pemahaman serta upaya dalam mewujudkan suatu manajemen pengelolaan organisasi sekolah yang baik dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK yang saat ini tengah berlangsung.

“Sebelum pelaksanaan, diadakan pertemuan pendahuluan pada tanggal 23 Juni 2020 antara tim dengan pihak pimpinan sekolah yaitu Drs. Muhammad Rafi’i diampingi wakil-wakil kepala sekolah dan beberapa staf Tata Usaha (TU). Pertemuan awal ini mengungkapkan maksud dari untuk menyelenggarakan kegiatan PPM Penerapan IPTEK di MTs Al Jauharen serta mendengarkan apa saja yang dibutuhkan oleh sekolah berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pengabdian tersebut,” ungkap Bradley.

Setelah penyampaian maksud dan mendengarkan kebutuhan sekolah, maka Tim Pengabdian melakukan persiapan dengan merancang rincian kegiatan pengabdian yang nantinya akan dilaksanakan.

Adapun kegiatan pelatihan PPM Penerapan IPTEK terlaksana pada tangal 2-3 Juli 2020 dengan materi hari pertama Tata Kerja Organisasi Sekolah dengan materi pelatihan penyusunan SOP Sekolah yang disampaikan oleh Dr. Drs. H. Firman, M.Si serta Pelatihan Evaluasi Program Sekolah yang disampaikan oleh Dr. Sofyan, S.Pd., M.Pd dan Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd., kedua Pelatihan Manajemen Organisasi Sekolah Berbasis TIK yang disampaikan oleh dosen dan pakar IT Universitas Jambi, Dedy Kurniawan S.S., M.A., ketiga Pelatihan Pembuatan Kelas Online dan Video Pembelajaran yang disampaikan oleh dosen dan pakar IT Universitas Jambi, Ferdiaz Saudagar, S.Pd., M.Pd.

Sementara pada hari kedua, Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah (1). Pelatihan penulisan dan pembuatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang disampaikan oleh Mohammad Sofwan, S,Pd., M.Pd., serta (2). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dan manajemen referensi berbasis TIK yang disampaikan oleh Robin Pratama, S,Pd., M.Pd.

Kegiatan PPM Penerapan IPTEK ini berlangsung dengan baik dan menarik minat dan antusiasme guru dan staf. Tingginya antusiasme tersebut membuat pihak sekolah membatasi jumlah peserta. Lebih lanjut, Kepala Sekolah Drs. Muhammad Rafi’i menyampaikan kepada Ketua Tim Pengabdian Dr. Sofyan, S.Pd., M.Pd agar kegiatan pengabdian ini dapat berlanjut dan berkesinambungan di masa yang akan datang.

HUMAS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com