INTEGRATED CREATIVE TOURISM

Pintu Era “New Normal” sejak dibuka seakan memberikan lampu hijau ke segenap pelaku usaha kreatif, dan budaya, termasuk bidang pariwisata. Namun sebelum dibuka kembali, beberapa pakar ekonomi dan pariwisata berpandangan perlu adanya pendekatan dan strategi baru parwisata era ‘new normal’.

Hal ini senada dengan pandangan United Nation Tourism World Organization (UNWTO),  dalam official website-nya www.unwto.org, menyatakan perlu adanya agenda Re-Starting Tourism. Langkah awal menghidupkan kembali aktifitas pariwisata pasca Covid-19 yang ditutup sejak Maret 2020 dengan membuka komplek Percandian Muaro Jambi yang merupakan nominator warisan dunia hingga Penandatanganan MoU antara Universitas Jambi dengan Bupati Muaro Jambi beberapa waktu yang lalu.

Rektor UNJA dalam sambutannya menegaskan, bahwa Civitas Akademika Universitas Jambi siap bergerak bersama memajukan potensi Kabupaten Muaro Jambi dalam segela bidang, termasuk pariwisata dan cagar budaya. Melalui penandatanganan kerjasama ini, Tim Universitas Jambi di bawah Pusat Unggulan Iptek Integrated Creative Tourism, PUI-PT ICT, akan melakukan trobosan baru dalam hal pariwisata yang lebih teritegrasi dan kreatif dengan dasar pemberdayaan masyarakat lokal.

Agenda awal MoU ini ialah merancang destinasi baru pariwisata Muaro Jambi melalui strategi  percepatan Percandian Muaro Jambi menuju predikat warisan dunia. Sedangkan dalam bidang penyebaran informasi dan edukasi publik, Tim Universitas Jambi akan membuatkan buku dengan tajuk “Pesona Pariwisata Muaro Jambi Negeri Sailun Salimbai.”

Bupati Muaro Jambi yakin, dengan melakukan kerjasama dengan pihak Universitas Jambi akan membawa terobosan dan gebrakan baru di Kabupaten Muaro Jambi. Alasan ini didasari oleh pandangan bahwa Universitas, sebagai sumber sekaligus dapur dari ilmu pengetahuan senantiasa menghasilkan terobosan IPTEK dan konsep aplikatif ke tengah-tengah masyarakat yang mampu menjawab tantangan persoalan publik Muaro Jambi.

“Strategi ini tentu akan berbanding lurus dengan peningkatan perekonomian masyarakat lokal dan dapat mengurangi tingkat pengangguran. Sehingga sangat tepat apabila sektor ini betul-betul digerakkan secara bijak serta kreatif, bersama Pusat Unggulan Iptek Integrated Creative Tourism Universitas Jambi,” tutupnya.

IRWAN

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com