PUI GEMAR SELENGGARAKAN WEBINAR NASIONAL

MENDALO,- Pusat Unggulan Iptek (PUI) Geowisata Merangin (Gemar) Universitas Jambi (UNJA) menggelar Webinar Nasional yang melalui aplikasi zoom meeting pada Rabu, (29/7). Narasumber kegiatan diantaranya yaitu; Dr. Agus Zainuddin, S.Sos. M.Hum., Kepala Bapedda Kabupaten Merangin, Dr. Ir. Jatmika Setiawan, M.T., Ketua Jurusan T. Geologi UPN “Veteran” Jogyakarta, Dr. Drs. Ngatijo, M.Si., Ketua PUI-Geowisata Merangin (GEMAR) serta Rektor Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., dan juga Bupati Kabupaten Merangin, Dr. H. Al-Haris S.Sos., M.Hum.

Kegiatan ini adalah satu bentuk rangkaian dari kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam menjalankan formula baru kampus merdeka, merdeka belajar.

“Salah satu strategi yang dijalankan Unja dalam mengimplementasikan kampus merdeka dan merdeka belajar ini adalah bagaimana membangun korporasi, membangun mitra, membangun hubungan dari berbagai pihak,baik itu pihak swasta maupun pihak pemerintah,” ujar Rektor.

Rektor juga mengatakan, Strategi kedua yaitu dengan memberikan beban 40 SKS kepada mahasiswa untuk bebas matakuliah yang dapat dilaksanakan dikampus lain maupun didalam kampusnya sendiri sehingga kebebasan akademik akan tercapai.

“Kebebasan itu dalam arti mahasiswa diberikan kebebasan belajar di perguruan tingginya maupun perguruan tinggi di luar kampusnya. Mahasiswa dituntut melakukan kreativitas serta inovasi didalam pembelajaran. Sehingga, perubahan terhadap tata kelola Perguruan Tinggi dalam membangun kolaborasi dalam menjalankan kampus merdeka dan merdeka belajar terpenuhi,” terang Rektor.

Sementara itu Ketua PUI Gemar Universitas Jambi, Dr. Drs. Ngatijo, M.Si., mengatakan Webinar Nasional yang mengangkat tema Sinergitas Pengembangan Geowisata Geopark Merangin Jambi diharapkan mampu memberikan output yang nyata.

“Potensi sumberdaya Geopark Nasional merangin sebagai wadah edukasi berbasis kampus merdeka dan merdeka belajar harus terus dikembangkan. Ada 3 komponen utama didalam Geopark tersebut yaitu; Geodiversity, Biodiversity dan Culture,” ujarnya Dr. Ngatijo.

Silvia Yuliansari

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com