FAPERTA JALIN MoU DENGAN MITRA STAKEHOLDER

MENDALO,- Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Drs. Kamid, M.Si menghadiri Penandatangan MoU antara Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dengan beberapa stakeholder eksternal di Halaman Laboratorium Dasar Fakultas Pertanian, Rabu (2/8). Penandatangan Naskah Kerjasama dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Tampak hadir jajaran pimpinan Dekan Fakultas Pertanian, Kepala BUPK, Kepala LP3M, Ketua Jurusan, Prodi dan Laboratorium, dosen dan Mahasiswa.

Selain itu, Perwakilan Balai Tanam Nasional Bukit dua belas (Kementrian LHK), Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ir. Agus Rizal, MM, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Amir Habsi, MM, Kepala Dinas Pertanian Tanamana Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Ir. Ahmad Mausul, Pimpinan PT. Asian Agri, PT. WKS dan RHM (Sinar Mas Group, PT. Sari Aditya Loka (Astra Agro Lestasi Group, Pimpinan UMKM Gerai Kopi Liberika Mekar Jaya, Betara, Direktor Yayasana Prakarsa Madani, Perkumpulan Gita Buana dan Perkumpulan WALESTRA jug hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Prodi Agribisnis yang baru saja mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT, Unja akan mendorong dan menfasilitasi seluruh prodi terakreditasi A untuk mendapatkan akreditasi Internasional,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Kamid, M.Si., dalam sambutannya.

Selain itu Dr. Kamid juga mengatakan Rektor mengapresiasi kesungguhan jurusan Agribisnis dan Fakultas Pertanian yang merespon secara cepat dan memulai mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

“Kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka ini harus segera kita jalankan. Unja akan mensupport semua prodi, termasuk mendorong dan menfasilitasi prodi untuk mengakses hibah dari Kemendikbud untuk menyiapkan berbagai instrumen pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka,” jelasnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa Fakultas Pertanian saat ini terus berbenah dan mengalami peningkatan kualitas yang sangat baik.

“Terjadi peningkatan Areditasi dimana 2 prodi telah terakreditasi A oleh BAN PT, yakni Prodi Agribisnis dan Agroekoteknologi, dengan posisi ini maka Fakultas siap untuk mendorong kedua prodi tersebut bisa terakreditasi Internasional, mengimplementasiakan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka,” ujar Dekan.

Sementara itu Ketua jurusan Agribisnis, Dr. Fuad Muchlis mengatakan, untuk menunjang implementasi program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, jurusan Agribisnis akan memilih 5 dari 8 skema yang disarankan oleh DIKTI.

“ 5 Skema tersebut adalah pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja, kegiatan wirausaha, KKN Tematik dan proyek kemahasiswaan dan mulai diterapkan pada semester ini secara bertahap,”ujar Fuad.

Opsi pembelajaran di luar kampus akan dinilai dengan bobot sks tertentu yang kemudian akan dikognisi sesuai dengan mata kuliah yang relevan di dalam kurikulum.

“Untuk itu Jurusan Agrobisnis menggandeng stakeholder terkait yang relevan dan siap menjadi mitra,” jelasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatangan kesepahaman oleh Mitra dan disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik.

Silvia Yuliansari

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com