PEMBUDIDAYAAN LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)

SEBAGAI MEDIA PEMBIAKAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus)
dan JAMUR MERANG (Volvariella volvacea)

MENDALO,- Tim Pengabdian Kepada Masyakarat Universitas Jambi yang diketuai oleh Prof. Damris M, M.Sc., Ph.D., dengan 3 orang anggota berbagai disiplin bidang ilmu baik Farmasi, Biologi dan Kimia diantaranya; Uce Lestari, M.Farm., Apt., Ade Adriadi, M.Si., dan Minarni, M.Si., mengadakan sosialisasi tentang manfaat TKKS sebagai media pembiakan jamur dan pelatihan pembuatan baglog sebagai tempat tumbuh jamur tiram dan jamur merang kepada masyarakat Tanjung Johor. Kelurahan Tanjung Johor merupakan kelurahan yang terletak di Kecamatan Pelayangan Kota Jambi yang merupakan salah satu desa binaan Universitas Jambi.

Masyarakat Tanjung Johor mayoritas bermata pencaharian sebagai petani karet dan sawit. Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) banyak sekali ditemukan diarea perkebunan kelapa sawit yang tidak termanfaatkan sehingga menumpuk dan dibiarkan membusuk saja. Dengan melihat potensi yang ada maka muncul ide untuk memanfaatkan TKKS sebagai media pembiakan jamur tiram dan jamur merang diharapkan masalah limbah pada industri dan perkebunan kelapa sawit dapat dikurangi dan membuat kawasan perkebunan sawit menjadi bersih dan nyaman.

Berdasarkan hal diatas maka,  kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2020 yang dihadiri oleh kurang lebih 35 orang masyarakat yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini.

Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membudidayakan limbah TKKS, meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara pembudidayaan limbah TKKS menjadi media pembiakan jamur dan memaksimalkan sumber daya manusia kelurahan Tanjung Johor.

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini, yaitu penyuluhan tentang manfaat limbah TKKS dan pembuatan baglog sebagai media pembiakan jamur. Kegiatan ini menghasilkan baglog atau tempat media tumbuh jamur yang dapat meningkatkan nilai jual dari jamur tiram dan jamur merang yang dihasilkan, serta meningkatkan kreativitas sumber daya manusia di Kelurahan Tanjung Johor, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi.

IRWAN

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com