UNJA LAKSANAKAN PKK MARU 2020

MENDALO,- Universitas Jambi melaksanakan pengenalan kehidupan kampus ( PKK) Tahun Akdemik 2020 dengan sistem luring dan daring. Hal ini dilakukan karena masih dalam masa pandemi covid-19. Meski dengan sistem tersebut, pelaksanaan PKK tetap berjalan dengan lancar. Kegiatan diadakan di Balairung Pinang Masak Unja Mendalo, Sabtu (19/9).

Kegiatan PKK diikuti sekitar 6000 mahasiswa baru. Diantara jumlah tersebut, 70 mahasiswa baru mengikuti secara luring atau tatap muka, selebihnya mengikuti secara daring. PKK di buka langsung oleh Rektor Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., dan juga di hadiri oleh seluruh wakil rektor dan para dekan.

PKK tahun ini memang sedikit berbeda, mahasiswa baru tidak membentuk kelompok regu dan menampilkan yel yel seperti tahun sebelumnya. Namum, mahasiswa baru hanya menyaksikan pemaparan pengenalan kampus dari Mendikbud, Nadiem Makariem, Gubernur Jambi serta para pemateri yang juga merupakan alumni univeristas Jambi.

Diantaranya seperti Danrem 042 gapu/ Brigjend TNI M. Zulkifli yang memberikan materi terkait pentingnya memotivasi diri untuk terus disiplin dan membela negara.

Selain itu juga hadir perwakilan dari Dirlantas Polda Jambi yang menyajikan materi tentang mahasiswa sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan agen anti narkoba serta beberapa pemateri lainya seperti perwakilan dari BNN Propinsi Jambi, Bank Mandiri Syariah dan tokoh adat Jambi. PKK tersebut berjalan dengan lancar dan para mahasiswa terlihat kritis melontarkan beberapa pertanyaan kepada pemateri.

“Kegiatan PKK ini memang terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Namum, dengan segala keterbatasan, tidak menyurutkan semangat mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan,” ujar Rektor dalam sambutannya.

Rektor juga mengatakan, setelah kegiatan PKK selesai, seluruh mahasiswa baru akan langsung aktif dalam kegiatan proses belajar mengajar, namun tetap di laksanakan secara daring hingga desember mendatang. Rektor juga mengatakan, sudah memfasilitasi bantuan kuota internet yang digagas oleh kemdikbud bagi semua mahasiswa universitas Jambi.

“ Persiapan sudah kami lakukan, termasuk bantuan kuota internet untuk semua mahasiswa. Kuota internet tersebut diperuntukan bagi mahasiswa dan dosen dengan kapasitas 50 gigabite perbulan. Jadi, tidak usah khawatir. Yang penting, proses pembelajaran tetap berjalan serta ditopang dengan e-learning manajemen sistem yang ada di Unja,” tutup Rektor.

Sementara itu salah satu narasumber pada kegiatan tersebut Danrem 042/Gapu, Brigadir Jenderal TNI Zulkifli mengatakan, Unja merupakan Universitas Terbaik yang ada di Jambi. Sehingga kita berharap, Unja dapat memghasilkan lulusan-lulusan terbaik yang dapat menopang SDM Jambi kedepan.

“Kepada Mahasiswa, tetap dan tekunlah belajar sehingga dapat selesai cepat. Saya berharap, ada pengembangan SDM. Kita semua tahu, Unja merupakan Universitas terbaik yang ada di Jambi.” terang Danrem.

Silvia Yuliansari

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com