WISUDA VIRTUAL UNJA Ke-92

MENDALO,- Universitas Jambi menggelar Rapat Terbuka Senat Universitas Jambi dalam rangka Upacara Wisuda ke-92 Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Program Diploma semester ganjil tahun akademik 2020/2021 yang diselenggarakan secara virtual. Wisuda diikuti sebanyak 2170 peserta yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (25/10).

Wisudawan terdiri dari Program Doktor (S3) 23 orang, Magister (S2) 404 orang, Profesi Ners (S1)28 orang, Profesi Dokter (S1) 15 Orang, Profesi Insinyur 8 orang, Sarjana (S1) 1551 orang, Program Diploma (D4) 19 orang dan Program Diploma (D3) 122 orang.

“ Ada beberapa hal yang telah dilaksanakan dan telah dicapai oleh Universitas Jambi. Pertama terkait dengan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis menerima Program bantuan Program Studi menjadi Center of Excellence Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Selain itu, terdapat 7 Program Studi yang mendapatkan hibah kompetitif Nasional untuk Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Selaras dengan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Universitas Jambi berperan aktif dalam program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (PERMATA SAKTI),” ujar Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., ketika memberikan Sambutan pada wisuda.

Kemudian Ia juga mengatakan hal ini dapat terlihat dengan adanya 149 Orang mahasiswa dari 21 Perguruan Tinggi yang tersebar dari wilayah Indonesia bagian Barat sampai Indonesia Bagian Timur yang mengikuti perkuliahan di Universitas Jambi.

“ Sebanyak 80 orang mahasiswa Universitas Jambi yang mengikuti perkuliahan di 20 Universitas lain yang tersebar di Indonesia. Program PERMATA SAKTI ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal student exchange dan rintisan mahasiswa Internasional di Universitas Jambi. Saat ini mahasiswa Universitas Jambi juga telah memperoleh beberapa prestasi dalam skala nasional, antara lain prestasi mahasiswa dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), selain itu Universitas Jambi juga mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang sejalan pada tingkat universitas, yaitu dengan memberikan pendanaan untuk 15 proposal kegiatan,” terang Rektor.

Selanjutnya Rektor mengatakan pada awal tahun 2021 ini Universitas Jambi akan me-Launching Gedung Science Techno Campus (STC) yang mana tujuan dari pendirian STC di Universitas Jambi ini dapat digunakan sebagai pusat Inovasi dan kreativitas Mahasiswa Universitas Jambi, agar nantinya mahasiswa Universitas Jambi dapat terfasilitasi dan atmosfer untuk berinovasi semakin meningkat.

“ Saat ini Universitas Jambi juga melaksanakan peningkatan Akreditasi untuk beberapa program studi. Adanya peningkatan jumlah akreditasi dari program studi terakreditasi C menjadi B sebanyak10 Program Studi;serta akreditasi B menjadi A sebanyak 3 Program Studi. Selain itu dua program studi di Universitas Jambi yaitu program studi S1 Kimia dan S1 Ilmu Hukum memperoleh hibah akreditasi Internasional dari Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kegiatan Pembelajaran semester Genap tahun 2019/2020 di Universitas Jambi yang diselanggarakan secara daring telah dapat diselesaikan dengan baik, dan pada semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021 ini,” tambah Rektor.

Universitas Jambi masih menyelenggarakan kegiatan pembelajaran secara daring. Penyelenggaraan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi, saat ini Universitas Jambi dikawal ketat dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang merupakan turunan dari Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 754/P/2020dan indikator-indikator klasterisasi Perguruan Tinggi. Salah satu kunci dari kualitas perguruan tinggi adalah kegiatan dan prestasi mahasiswa serta output dan outcome dari lulusan.

“ Oleh karena itu besar harapan kami mahasiswa maupun lulusan Universitas Jambi mampu bergerak bersama-sama, dengan Platform UNJA SMART, GROW CREATIVELY WITH INTEGRITY, untuk mewujudkan Universitas Jambi Menuju A World Class Entrepreneurship University berbasis Agroindustri dan Lingkungan. Dalam kesempatan ini kami selaku pimpinan Universitas Jambi mengucapkan selamat kepada para wisudawan Universitas Jambi ke 92. Bahwasanya mulai hari ini saudara-saudari wisudawan sekalian telah resmi menjadi alumni Universitas Jambi yang baru. Untuk itu besar harapan kami saudara sekalian agar dapat menjaga nama baik almamater, tetap menjalin komunikasi dan silahturahmi dengan almamater tercinta ini, serta dapat ikut berperan serta dalam program-program pengembangan institusi yang telah ada,” harap Rektor.

Prosesi wisuda dilaksanakan secara virtual dengan perwakilan wisudawan yang memperoleh predikat cumlaode sebanyak 31 orang serta dengan memperhatikan protocol kesehatan covud-19.

Silvia Yuliansari

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com