UNJA LAKSANAKAN PELATIHAN HIDROPONIK VERTUKULTUR

MENDALO,- Universitas Jambi sebagai salah satu universitas negeri yang berada di Indonesia selalu berusaha keras untuk mengembangkan diri. Pengembangan tersebut dilakukan agar Universitas Jambi dapat sejajar dengan penguruan tinggi lainnya yang berada di Indonesia. Hal tersebut juga dilakukan guna meningkatkan dharma baktinya terhadap proses pencapaian cita-cita nasional bangsa Indonesia.

Dalam rangka menjalankan fungsi tersebut, PPM Universitas Jambi melaksanakan pelatihan hidroponik vertukultur, kepada ibu-ibu PKK di Desa Mandalo Darat RT 33 Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, beberapa waktu yang lalu.

Kelompok PKK ini berlokasi di daerah perumahan yang padat pemukiman. Rumah-rumah anggota  PKK pada umumnya adalah rumah tipe 36 dengan luas tanah 120 m2 dan sebagian sudah direnovasi sehingga memiliki pekarangan  yang sempit.

Beranjak dari permasalahan inilah kegiatan pelatihan hidroponik vertukultur diharapkan dapat meningkatkan minat anggota PKK untuk menggunakan lahan yang sempit menjadi produktif dengan membangun usaha sayuran ventrikultur dan produk olahannya sebagai salah satu keterampilan dalam mengisi waktu luang dan prospek usaha dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga.

Pekarangan yang ada dibiarkan kosong atau ditanami bunga seadanya. Komplek perumahan terlihat gersang dan tidak asri. Pemanfaatan lahan pekarangan untuk kegiatan produktif dan keindahan lingkungan tidak ada sama sekali. Pekarangan ini walaupun sempit sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan usaha yang bisa meningkatkan pendapatan keluarga. Salah satunya adalah usaha sayuran dengan sistem budidaya ventrikultur.

“Lahan pekarangan yang sempit sebenarnya masih dapat dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya. Salah satu teknik budidaya yang dapat diterapkan pada lahan yang sempit adalah teknik vertikultur,” ungkap Dr. Fitry Tafzi, S.TP., M.Si., ketua kegiatan pelatihan hidroponik vertukultur.

Ia juga menambahkan bahwa Vertikultur adalah teknologi budidaya tanaman yang dilakukan secara vertikal (penanaman secara bertingkat) sehingga menghemat lahan. Teknik budidaya ini tidak memerlukan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan pada rumah yang tidak memiliki halaman sekalipun.

Kegiatan PPM UNJA ini meliputi penyampaian materi dan demonstrasi proses  penyemaian benih dan pindah tanam ke sistem hidroponik yang telah di instalasi. Materi yang disampaikan berupa apa itu hidroponik, kelebihan/manfaat dengan melakukan sitem hidroponik, tahapan-tahapan untuk bertanam menggunakan sistem hidroponik, media yang digunakan, takaran nutrisi yang digunakan selama proses pertumbuhan tanaman sampai proses panen dan mengemas sayuran/produk hidroponik.

Kegiatan demonstrasi dilakukan setelah penyampaian materi dan melibatkan mahasiswa/i TEP dimulai dari persiapan bahan dan alat, proses penyemaian, proses memindahan hasil semai, proses pemberian nutrisi pada tanaman, perawatan dan panen.

“Mudah-mudahan kegiatan ini tetap berlanjut dan tetap terjalin kerjasama antara pihak kelurahan dan RT dengan Perguruan Tinggi khususnya PS TEP Universitas Jambi dalam rangka pembinaan pembangunan masyarakat,” kata ketua PKK RT. 33, Istiqomah.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan budidaya menggunakan sistem hidroponik pengabdian ini juga bisa dilihat di laman youtube https://youtu.be/Aa6ykvdzdD4 PS TEP Universitas Jambi.

HUMAS

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com