WEBINAR KEHUTANAN SOSIAL SERI 3

JAMBI,- Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Jambi menggelar Webinar Kehutanan Sosial seri 3 dengan mengangkat tema “ Implementasi Perhutanan Sosial dalam Wilayah Pengelolaan KPH serta Pengelolaan Keanekaragaman Hayati dalam Pengelolaan Perhutanan Sosial, Kegiatan menghadirkan narasumber Guru besar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Sc., IPU, Direktur Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Dirjen PHPL.MLHK, Ir. Drasospolino, M.Sc, Jum`at (16/10).

“ Tema dalam webinar ini adalah Implementasi Perhutanan sosial dalam wilayah pengelolaan KPH serta Pengelolaan keanekaragaman hayati dalam pengelolaan perhutanan sosial, walaupun saya bukan latar belakang orang kehutanan tapi mengajar juga di kehutanan, jadi yang ingin saya garis bawahi adalah perhutanan sosial ini seharusnya mendapatkan porsi yang sangat besar di pemerintah, itu menurut saya karena ada yang harus kita bangun itu sebetulnya adalah simbiosis mutualisme yang harus betul-betul terbangnan antara masyarakat dan hutan itu, jadi kalai   simbiosis mutualisme tidak terbangun dengan baik makan pengelolaan hutan yang berkelanjutan itu tidak akan tercapai,” ujar Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerjasama, dan Sistem Informasi Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Wilyus, M.Si ketika membuka kegiatan secara resmi.

Dr. Wilyus juga mengatakan jika sudah terbangun simbiosis mualisme, sehingga nantinya hutan menjadi bagian penting didalam masyarakat.

“ Oleh sebab itu yang harus di bangun adalah simbiosis mualisme adalah yang betul- betul hutan itu menjadi bahagian yang terpenting di kehidupan masyarakat sehingga masyarakat merasakan bahwa hutan itu perlu dipelihara, sehingga bisa menjadikan nilai tambah baik secara  ekonomi sosial ataupun ilmui pengetahauan jadi mungkin itu ke depannya yang harus dilakukan oleh sebab itu kelestarian hutan kedepannya harus kita jaga itu poin penting yang ingin saya sampaiakan,” terang Dr. Wilyus.

Selain itu ia berharap dengan diadakanya seminar ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada peserta seminar.

“ Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan dengan baik, kita memberi apresiasi kepada jurusan kehutanan bahwa telah melaksanakan beberapa kali webinar ini, dengan peserta yang sangat banyak dan terlihat diminati banyak orang, karena memang ilmu ini memang bersentuhan dengan berbagai kehidupan, yang banyak irisannya di sana Oleh sebab itu ini mungkin perlu kita tingkatkan dan kita lanjutkan sehingga memiliki nilai tambah yang lebih banyak,” harapnya.

Kegiatan yang di moderatori Ir. Riyana Anggaini, S.Hut, M.Siupn., dengan dua orang narasumber yaitu Guru besar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Satyawan Pudyatmoko, S.Hut., M.Sc., IPU, dengan tema paparan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati dalam Pengelolaan Perhutanan Sosial dan  Direktur Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Dirjen PHPL.MLHK, Ir. Drasospolino, M.Sc., dengan tema paparan Implementasi Perhutanan Sosial dalam Wilayah Pengelolaan KPH.

Silvia Yuliansari

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com