LP3M MENDORONG UNJA SEBAGAI “WORLD-CLASS ENTREPRENEURSHIP UNIVERSITY”

Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jambi pada tahun 2019 memfokuskan kegiatannya untuk percepatan pencapaian visi UNJA “A World-Class Entrepreneurship University”. Ditargetkan, tahun ini terdapat penyamaan pemahaman dan persepsi terhadap “World-Class” dan “Entrepreneurship” bagi semua civitas akademika Unja, terutama dosen, karyawan, dan mahasiswa.

PENYAMAAN pemahaman dan persepsi ini sangat penting agar semua kegiatan tridharma dapat berjalan secara sinergis dan terintegrasi menuju pencapaian target “World-Class” dan “Entrepreneurship” seperti yang sudah ditetapkan pada visi Unja. LP3M pada tahun ini juga sedang merencanakan “PEMETAAN” kondisi riil dan kapasitas UNJA dalam berbagai aspek misalnya: SDM (Dosen/Karyawan, Sarana Prasarana, Akses, Manajemen, Anggaran, dan berbagai aspek lainnya yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gap antara kondisi Unja dengan kondisi yang diharapkan sebagai “World-Class University”.

Salah satu program yang menjadi prioritas LP3M tahun ini adalah melaksanakan workshop atau pelatihan calon dosen pengampu Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) termasuk MK “KEWIRAUSAHAAN”, disamping MK lainnya seperti Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Budaya Dasar, dsb. Mata Kuliah KEWIRAUSAHAAN memiliki tantangan khusus karna disamping menjadi jiwa atau roh akdemis kampus, Mata Kuliah ini masih dipahami secara beragam dikalangan dosen dan mahasiswa.

Selain itu, Unja belum pernah mengadakan upaya konsolidasi atau persiapan yang melibatkan berbagai unsur di tingkat universitas, fakultas, dan prodi dalam pelaksanaan MKWU ini. Untuk itu, ditargetkan pada bulan Juli 2019, sebelum semester dimulai, akan diadakan pertemuan yang melibatkan semua Wakil Dekan Bidang Akademik dan Prodi di bawah arahan Wakil Rektor Akademik. Pertemuan ini ditargetkan menghasilkan kesepakatan antara lain: (1) Penyamaan persepsi dan pemahaman tentang konsep “Entrepreneurship” atau Kewirausahaan; (b) Penyusunan draft RPS MK Entrepreneurship untuk masing-masing fakultas dan Prodi; (3) Pembentukan Koordinator MK Entrepreneurship; dan (4) Pengembangan meteri sesuai dengan ke khasan Prodi.

Untuk menunjang kinerjanya, LP3M pada tahun 2019 ini diberikan kesempatan untuk melaksnakan sejumlah penelitian. Topik yang menjadi fokus diantaranya adalah: Pengembangan RPS dan Materi MK Bahasa Inggris; Sistem Applikasi Audit Mutu (e-Audit) dan Akreditasi (e-Akreditasi); dan Pengembangan Blended Learning. Diharapkan, melalui skema ini, LP3M secara bertahap mampu meningkatkan kinerjanya sebagai Lembaga “Quality Assurance” agar standar mutu yang telah direncanakan dapat tewujud secara maksimal.

ADREFIZA, KETUA LP3M UNIVERSITAS JAMBI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com