POTENSI KOMPLEK VULKANIK UNTUK PENGEMBANGAN GEOWISATA

JAMBI,- Program Studi Tehnik Geologi Jurusan Tehnik Kebumian Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi menggelar Webinar dengan tema “Potensi Komplek vulkanik untuk Pengembangan Geowisata”, diikuti oleh Dosen, mahasiswa Universitas Jambi pada Selasa (20/10).

“ Apa yang menjadi fokus atau topik pembiacara hari ini akan mendapatkan informasi yang baru dalam rangka kita mengembangankan ekowisata di Jambi karena Jambi memiliki potensi yang sangat besar, itu dari peranan dari kita di prodi teknik geologi geofisika pertambangan maupun prodi lain yang ada di Saintek dalam rangka mengembangkan ekowisata itu akan sangat besar sekali,” Ujar Derkan Fakultas Saintek, Prof. Drs. Damris M. M.Sc.,Ph., D.

Selain itu Prof. Damris juga mengatakan situasi Pandemi covid 19 bukan menjadi halangan bagi kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan.

“ Kemudian kepada para ketua Prodi kemudian para panitia kegiatan ini saya mengucapkan Terima kasih mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan dari pada kegiatan ini, dapat memberikan hasil yang baik dan maksimal tentu saja kita menyadari bahwa dengan covid-19 membatasi kita untuk bergerak secara bebas kontak langsung dan lain sebagainya tetapi kemajuan teknologi dalam memberikan kita ruang untuk tidak berhenti yang memberikan share pengetahuan memberikan pengalaman kepada siapa saja karena telah terbuka ruang melalui teknologi yang tersedia saat ini, oleh karena itu Itulah yang dilakukan oleh program studi teknik Geologi pertambangan, geofisika dan lain sebagainya yang ada di fakultas Saintek Unja, bahwa kita ingin dosen mahasiswa kita mendapatkan wawasan dari pakar yang memiliki pengetahuan bagi para dosen mahasiswa mudah-mudahan kegiatan kita ini dapat terlaksana dengan lancar hingga akhir acar,” Terangnnya.

Sementara itu ketua Prodi Tehnik Geologi Anggi Deliyana,S.St.,M.T mengatakan
pengembangan geowisata wisata ini di provinsi Jambi memang sedang digalakkan lagi sedang gencar-gencarnya dilakukan sehingga seminar ini dirasa sangat tepat untuk dilaksanakan.

“ Pengembangan Geowisata sedang digalakkan Jadi kami rasa untuk kuliah umum tentang geowisata khususnya tentang potensi kontek vulkanik karena Provinsi Jambi juga merupakan salah satu terdapatnya gunung aktif di Indonesia, Jadi kami berharap kegiatan kuliah umum dengan tema potensi Komplek vulkanik untuk pengembangan geowisata ini dapat bermanfaat khususnya bagi adik-adik mahasiswa.” Ujarnya.

Kemudian ia juga mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan lagi untuk lebih mendalami tentang pengembangan geowisata khususnya di provinsi Jambi di daerah Merangin, di mana Kabupaten Merangin sendiri mempunyai salah satu Geopark mengkarang yang menjadi salah satu tempat kuliah kampus merdeka dari Universitas Jambi dan program studi teknik geologi.

Selain itu Narasumber pada kegiatan ini Haryadi Rahmat, Ketua Masyaerakat Geofisika Indonesia (MAGI) mengatakan akan menyampaiakn materi mengenai materi pengembangan geowisata yang ada di Jambi dan Indonesia.

“ Jadi materi yang akan sampaikan adalah potensi Kompleks vulkanik untuk pengembangan geowisata yang akan saya sampaikan ini ya dalam rangka webinar dari teknik geologi program studi teknik geologi jurusan Teknik kebumian Sains dan Teknologi Universitas Jambi yang diselenggarakan Hari ini saya akan bercerita tentang cerita menyampaikan tentang pengembangan wisata secara umum jadi tidak spesifik di Jambi walaupun sebetulnya data itu ada tapi saya ingin memberikan gambaran secara keseluruhan di Indonesia jadi nanti ada juga khusus di Jambi tetapi saya juga ingin memperkenalkan Bagaimana pengembangan geowisata di berbagai daerah yang ada gunung apinya,” Pungkasnya.

Silvia Yuliansari

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com