PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA CCBN5651 UNTUK PENYEDIAAN AIR BERSIH MASYARAKAT DAERAH GAMBUT KECAMATAN SUNGAI GELAM MUARO JAMBI

Muhammad Naswir, Asni Johari, Freddy Ilfan
Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi Jl. Raya Jambi-Ma Bulian Mandalo Darat Jambi
Corresponding Author : m.naswir@yahoo.com
Johari_asni@yahoo.com

PENDAHULUAN
Provinsi Jambi merupakan provinsi yang memiliki lahan gambut ketiga terluas di pulau Sumatera. Luas area lahan gambut di Provinsi Jambi mencapai 736.227,20 ha atau sekitar 14% dari luas Provinsi Jambi yang tersebar di 6 kabupaten. Sungai Gelam termasuk kedalam Kabupaten Muaro Jambi, merupakan desa yang masyarakatnya selalu mengalami krisis air bersih, karena sumber air bersih masyarakat di daerah ini adalah air gambut dan air hujan.

Sementara itu kualitas air gambut tidak baik untuk dikonsumsi, dan air hujan juga sangat terbatas ketersediaanya. Sarana dan Sumber Air Bersih Rumah Tangga setiap desa di kecamatan Kumpeh, Kumpeh Ulu dan kecamatan Sungai Gelam belum memiliki fasilitas dan sarana air bersih yang memadai. Bahkan ada desa yang belum memiliki sarana air bersih sama sekali. Sarana air bersih yang dimiliki masyarakat pada umumnya adalah sumur gali, dan air tadah hujan (Survei Naswir, 2019). Akibat kekurangan air bersih, berdampak terhadap kehidupan sosial dan sanitasi lingkungan dan juga berdampak terhadap perekonomian keluarga, karena perlu tambahan biaya yang cukup besar untuk memperoleh air bersih, dengan membeli air kemasan.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pengolahan air bersih dari sumber air gambut menggunakan adsorben CCBN5651 (Naswir, 2019; Naswir, 2020) dengan bahan baku lokal bentonit. Deposit Bentonit di Propinsi Jambi sudah diketahui di tiga daerah, yaitu Kabupaten Bangko dengan luas 4400 hektar, Kabupaten Bungo Tebo = 520 hektar dan Kabupaten Batang Hari = 1350 hektar (Dis.Pentam. Jambi, 1998). Sampai saat ini di daerah Jambi belum ada kegiatan/usaha yang bergerak pada pengolahan bentonit. Contoh deposit bentonit daerah Bangko dan Sarolangun Jambi dapat dilihat pada Gambar 1. (Naswir et.al, 2018)

Gambar 1. Deposit Bentonit di daerah Jambi

METODE PELAKSANAAN

Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Kegiatan PPTTG

Dalam pelaksanaan kegiatan Penerapan Teknologi Tepat Guna Penyediaan Air Bersih Masyarakat Pedesaan (PABD) di Desa Gambut  Jaya Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten  Muaro  Jambi  diperlukan  kerjasama  dari  berbagai  pihak  yaitu  :  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jambi melalui Tim Pengabdian, Pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi, melalui Kecamatan dan Kepala Desa, Para Pejabat Desa dan Para Tokoh Masyarakat Desa Gambut Jaya. Di samping itu juga bekerjasama dengan perusahaan yang di Kecamatan Sungai Gelam terutama dalam pemanfaatan dana CSR perusahaan untuk pengadaan air bersih masyarakat.

Metode  dan  Tahapan  dalam  Penerapan  TTG  kepada  Masyarakat

Metodologi yang digunakan untuk identifikasi masalah mitra adalah dengan mengadakan  survei langsung  ke lapangan  dan  analis data sekunder. Dari survei lapangan diketahui kondisi riil tentang fasilitas  air bersih yang dimiliki masyarakat dan bagaimana kondisi  sanitasi lingkungan yang ada di Desa Gambut Jaya Kecamatan Sungai Gelam,  sumber air yang digunakan masyarakat, jumlah penduduk dan sarana prasarana air bersih masyarakat, serta perekonomian masyarakat yang menurun sejak Pandemi Covid 19.   Tahap berikutnya adalah merancang bersama dengan kelompok masyarakat dan perangkat desa tentang Unit instalasi pengolahan air gambut menggunakan Teknologi CCBN5651. Pembuatan dua unit pengolahan air bersih sudah disepakati untuk dua kelompok masyarakat dan akan dilakukan uji coba operasional TTG, pembuatan SOP dan pendampingan pengelola untuk keberlanjutan (sustainable)  TTG di Desa Gambut Jaya.

Prosedur Kerja PPTG Pembangunan Instalasi Air Bersih

Prosedur kerja yang dilakukan untuk mendukung realialisasi metode program PPTG dalam Penyediaan Air Bersih Masyarakat Pedesaan (PABD) Desa gambut Jaya adalah:

  • Survei awal
  • Pengambilan sampel  air  gambut, dan  analisis  laboratorium  tentang  parameter air gambut yang akan dilakukan pengolahan dengan CCBN5651
  • Musyawarah  dengan  masyarakat  untuk  menentukan  lokasi  tempat  pembuatan  unit pengolahan air gambut atau PPTTG
  • Merancang instalansi  pengolahan  air  gambut  dengan  menggunakan   CCBN5651.

Bentuk rancangan yang akan dibangun adalah seperti  Gambar 2. Instalasi dibuat dengan menggunakan tangki Tedmod kapasitas 2000 L, 1000 L, dan 500 L (tangki pengolahan). Kerangka instalasi dibuat menggunakan kerangka kayu dan besi.

Gambar 2. Bentuk sederhana instalasi PABD dengan Teknologi CCBN5651

Instlasi yang dibuat di Desa Gabut Jaya Sungai Gelam Jambi terdiri dari 4 tangki dan 2 media filter RO, dan satu pompa air. Penambahan powder CCBN5651 adalah pada tangki ke 2 yaitu tangki pengolahan dengan dosis pemakaian CCBN5651 1 kg /M3, kemudian melakukan proses pengadukan, penyaringan dan penampungan pada tangki ke 3 dan 4, kemudian untuk higinisnya teknologi di paralelkan dengan menggunakan Revers Osmosisi (RO), sehingga air bersih yang dihasilkan tidak hanya sebagai air bersih, tetapi bisa sebagai air minum masyarakat.

  • Melakukan Uji Coba TTG yang sudah dibuat, sambil mengevaluasi dan penyempurnaan Teknologinya, kemudian pembuatan prosedur Operasional kerjanya (SOP).
  • Pembentukan pengelola/kepengurusan TTG, yang tediri dari minimal ada ketua, Tenaga Operasional dan bendahara. Jika tidak ada pengurus maka Teknologi yang dibuat tidak akan berjalan lama dan tidak ada kerberlanjutan, dan ini merupakan peran dari masyaraakat untuk membangun desa dan masyarakatnya sendiri.
  • Suplay powder CCBN5651. CCBN5651  adalah  milik  LPPM  unja. Untuk 6 bulan operasional, kebutuhan powder CCBN5651 disuplay dari LPPM melalui PPTTG ini, dan untuk selanjutnya masyarakat   dilatih untuk mandiri dengan   cara iuran, yang dikelola oleh pengurusnya.
  • Pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan/pelatihan, penerapan dan perawatan produk teknologi kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim PPTTG LPPM UNJA.

Evaluasi Pelaksanaan Program dan Keberlanjutan Program PPTTG

Evaluasi pelaksanaan Program dan untuk keberlanjutan Program PPTG ini dilakukan beberapa hal:

  1. Melakukan rapat koordinasi dengan pihak PEMDA yang terdiri dari Camat Kecamatan Sungai Gelam, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Perusahaahn yang ada di daerah tersebut, Pengelola Teknologi Tepat Guna penyediaan Air Bersih Masyarakat Pedesaan (PABD) dan Tim Pengabdian PPTTG LPPM Unja
  2. Membuat kerjasama atau  dengan  LPPM  Universitas  Jambi  untuk pengadaan/suplay powder CCBN5651 sehingga kebutuhan bahan powder CCBN5651 terjamin dan tidak terputus.
  3. Membuat SOP pelaksanaan TTG, perawatan TTG dan mengadakan pembinaan baik secara langsung maupun daring dengan pengelola PPTTG.
  4. Melakukan gotong royong secara berkala untuk perawatan Teknologi PABD dan sanitasi lingkungan yang dihadiri salah seorang dari tim Pengabdian PPTG
  5. LPPM  Unja   membuat   program   pengabdian   pada   tahun   berikutnya   untuk penyeluhan dan bentuk kegiatan lain di desa tersebut atau menjadikan sebagai Desa Binaan Universitas Jambi.

HASIL PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Persiapan lokasi kegiatan

Sebelum dilakukan persiapan lokasi kegiatan pengabdian, terlebih dahulu dilakukan musyawarah dengan kepala desa dan   aparatnya untuk menentukan lokasi kegiatan pembangunan instalasi penjernih air gambut. Hasil musyawarah, ditetapkan 2 lokasi  tempat  akan  dibangun instalasi  tersebut.  Setelah disepakati  lokasinya, maka disosialisasikan bentuk dan tahapan pembangunan instalasi air bersih.

Gambar 3. Lokasi 1 pembangunan instalasi air bersih desa Gambut Jaya

Pengadaan Bahan dan Alat

Alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembangaunan instalasi penjernih air gambut dipersiapkan seperti: pasir, semen, tangki, media filter RO, dan satu pompa air dan penambahan powder CCBN5651. Pengadaan bahan alat dilakukan untuk kedua lokasi pembangunan instalasi air bersih.

Pembuatan Tapak Instalasi Penjernih Air Gambut

Pembuatan tapak instalasi penjernih air gambut dilakukan di atas tanah sebagai berikut:

  • Lokasi 1 , lokasi Masjid Nurul Falah RT.9, Dusun 3 Desa Gambut Jaya seluas  6,0 m x  3,0 m ,Tinggi 30 cm
  • Lokasi 2.  Lokasi  Mashollah  Al-Hidayah  di  Dusun  1,  RT  03  Desa Gambut Jaya seluas 5,0 m x 3,0 m, Tinggi 3 m

Areal dengan ukuran tersebut terlebih dahulu dibersihkan dan didatarkan. Selanjutnya dilakukan pembutan pondasi dan pembuatan tapatk proyek/tapak instalasi..

Pembuatan Tapak Instalasi  Air Bersih di Lokasi Pertama (Dusun 3)

Pembuatan instalasi dimulai dengan mengukur lokasi yang akan direncanakan tempat dibangunnya instalasi penjernih air gambut. Selanjutnya dilakukan pembersihan dan pendataran lokasi pembangunan (Gambar 4).

Gambar 4. Pembuatan tapak instalasi penjernih air gambut di Dusun 3

Pembuatan tapak Instalasi  Air Bersih di Lokasi Kedua (Dusun 1)

Pembuatan instalasi dimulai dengan mengukur lokasi yang akan direncanakan    tempat dibangunnya instalasi penjernih air gambut. Selanjutnya dilakukan pembersihan dan pendataran lokasi pembangunan (Gambar 5).

Gambar 5. Pembuatan tapak instalasi penjernih air gambut di Dusun 1

Perakitan Instalasi

Perakitan instalasi dilakukan dengan menggunakan 5 tangki air bervolume 2000 liter dan 1 buah pompa air (Gambar 6).

Gambar 6. Perakitan instalasi penjernih air gambut (Dusun 1)

Produk CCBN5651 dibuat dengan menggunakan bahan baku lokal, yaitu bentonit, dan arang aktif   dan limestone sebagai bahan pendukung. Pembuatan produk CCBN5651 ini dilakukan di laboratorium

CCBN5651 merupakan Invensi Formula Penjernih Air Gambut yang sudah teruji secara  ilmiah  dan  merupakan  formula  baru  yang  ditemukan  untuk  pengolahan  air gambut menjadi air bersih. Kandungan Formula ini adalah campuran bahan alam Bentonit ((Na,Ca). (Al.Mg)12Si4H10(OH)2 nH20), dengan bahan pendukung karbon aktif dan limsetone. Untuk persiapan tahap pertama, produk CCBN5651 (Gambar 7) yang digunakan produk milik dari LPPM Universitas Jambi dengan kapasitas 5000 kg. Untuk tahapan kedua dan selanjutnya, zat penjernih air gambut ini dibuat secara mandiri oleh masyarakat, dengan pendampingaan yang dilakukan.

Gambar 7. Produk CCBN5651 yang digunakan

Hasil Uji laboratorium

Hasil uji di laboratorium air bersih hasil olahan dengan menggunakan teknologi produk  CCBN5651  desa Gambut Jaya,  belum  diperoleh  karena  air  gambut  hasil olahan baru akan didapatkan pada awal bulan Desember 2020 setelah pemasangan instalasi pipanisasi selesai. Sementara dilakukan uji skala kecil dengan indikasi sidap pisik menunjukan air bersih yang diolah b[tidak bewarna jernih dan mempunyai pH

6,7 yang sebelum diolah warnanya kemerah-merahan dan pHnya di bawah 4 (Gambar 8).

Gambar 8. Air gambut hasil penjernihan menggunakan produk CCBN5651

MANFAAT YANG DIPEROLEH (OUT COME)

Dampak Ekonomi dan Sosial

Manfaat yang diperoleh Mitra dengan adanya pembangunan instalasi penjernih air gambut ini sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat desa Gambut Jaya. Tidak hanya berdampak terhadap kesehatan, tetapi juga berdampak terhadap ekonomi dan sosial masyarakat. Dampak atau manfaat Ekonomi sosial yang diperoleh mitra antara lain adalah : tersedianya sumber air bersih bagi masyarakat desa Gambut Jaya yang mengalami krisis air bersih. Dengan demikian, masyarakat dapat hidup bersih dan dapat meningkat taraf kesehatan masyarakatnya dan menjaga lingkungan yang higenis

Dampak sosial yang ditimbulkan oleh adanya pembangunan instalasi penjernih air gambut ini antara lain:

  1. Tersedianya TTG dari bahan lokal yang murah secara ekonomi dan mudah didapatkan
  2. Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan pelayanan air bersih rumah tangga dan menjaga lingkungan yang higenis
  3. Pemanfaatan bahan alam yang jauh dari senyawa berbahaya
  4. Membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat
  5. Membuka peluang praktek mahasiswa dan sikap kewirausahaan bagi mahasiswa
  6. Meningkatkan hidup bergotong royong dalam masyarakat
  7. Meningkatkan kepedulian terhadap sesama
  8. Mengembangkan usaha kewirausahaan, baik bagi masyarakat maupun bagi mahasiswa

Kontribusi Mitra terhadap Pelaksanaan Program TTG

Konstibusi masyarakat dan aparatur pemerintah Desa Gambut Jaya dalam Pelaksanaan Program Penerapan Teknologit Tepat Guna (PPTG) untuk Penyediaan Air Bersih Masyarakat di Desa (PABMD) Gambut Jaya Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi cukup besar dan mempunyai semangat dan kerjasama yang tinggi sebagai mitra. Hal ini dapat dilihat mulai dari kegiatan survei, menentukan lokasi proyek, membuat tapak proyek, pembuatan sumur bor hingga pemasangan instalasi dan pipanisasi.

Semua masyarakat ikut serta membantu, secara detil bentuk kontribusi Mitra antara lain adalah :

  1. Bersedia memberikan dua lokasi tanah mereka sebagai tempat pembangunan dua unit instalasi air bersih yaitu di dusun 1 samping masjid dan dusun 3 di samping langgar.
  2. Ikut bergotong royong membersihkan dan menyiapkan lokasi proyek
  3. Membantu dengan gotong royong membuat tapak instalasi (PWT CCBN5651) pada dua lokasi
  4. Membantu membuat sumur bor dengan kedalaman 8 meter untuk suplay bahan baku air untuk diolah
  5. Membantu mengerjakan bangunan tempat pemasangan instalasi dan pekerjaan atap bangunan
  6. Membantu memasang instalasi bersama-sama tim di kedua lokasi
  7. Bersedia menjadi tenaga kerja pengelola dan tenaga operasional teknologi TTG setelah proyek selesai. Hal ini sangat penting untuk keberlanjutan program (sustainable).
  8. Para aparat desa, mulai dari Kepala Desa, kepala dusun 1, kepala dusun2 dan pengurus masjid selalu mendampingi tim dalam pelaksanaan kegiatan dan memberikan bantuan jika ada persolan selama pelaksanaan kegiatan.
  9. Mendampingi mahasiswa prodi Teknik Lingkungan untuk praktikum mata kuliah teknologi pengolahan air gambut di desa Sungai Gelam yang merupakan bahagian dari kegiatan PPTGG ini.

Faktor yang Mendukung Pelaksanaan PPTG :

  1. Deposit air gambut yang tersedia di desa Gambut Jaya volumenya cukup banyak dan tidak pernah habis, sehingga dapat mendukung keberlanjutan Teknologi
  2. Kepedulian perangkat desa dan masyarakat
  3. Ketersediaan bahan baku CCBN5651 di daerah Jambi cukup banyak
  4. Anggota tim yang punya keahlian yang sesuai untuk PPTT CCBN5651
  5. Ketersediaan dana yang dialokasikan DRPM Dikti cukup memadai.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Dari hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Berdirinya instalasi penjernih air gambut yang siap digunakan masyarakat di dua lokasi, yaitu di dusun 1 dan dusun 3 desa Gambut Jaya Kecamatan Muaro Jambi
  2. Masing-masing instalasi yang dibangun dengan ukuran 4,8 mx 2,5 m (lokasi 1) dan ukuran 5 m x 2,5 m (lokasi 2).
  3. Instalasi yang dibangun menggunakan terusun dari 5 buah tedmon ukuran 2000 liter, 1000 dan 500m liter, dilengkapi dengan instlasi pipa dan intsalasi listrik.
  4. Pelakasanaan kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat PPTTG di Desa Gambut Jaya Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muara Jambi terlaksana dengan baik. Terlaksananya kegiatan ini berkat kerja keras tim dan adanya dukungan dari aparat Desa/RT/Dusun dan masyarakat yang sangat besar.

Saran

Dari kegiatan ini dapat disarankan hal berikut:

  1. Diharapkan masyarakat menjaga instalasi yang sudah dibangun dengan penuh tanggung jawab.
  2. Untuk menjaga keberlanjutan serta keberlangsungan TTG ini disarankan kepada PEMDA Kecamatan Sungai Gelam untuk membentuk pengurus/pengelola dan dimasukkan ke dalam anggaran belanja desa untuk perawatan dan operasionalnya.
  3. Disarankan kepada Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi Prodi Teknik Lingkungan dan Teknik Kimia untuk dijadikan tempat praktek mahasiswa khususnya pada mata kuliah Teknologi Pengolahan Air Gambut dan Mata Kuliah Kewirausahaan.

Daftar Pustaka

Goltz, J. Von Der, Barnwal, P., 2018. Mines: The local wealth and health effects of mineral mining in developing countries. Journal of Development Economics 139, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.jdeveco.2018.05.005

Kim, Ju Yong, Lee, B.T., Shin, K.H., Lee, K.Y., Kim, K.W., An, K.G., Park, Y.S., Kim, Jeong Yeon, Kwon, Y.H., 2007. Ecological health assessment and remediation of the stream impacted by acid mine drainage of the Gwangyang mine area. Environmental Monitoring and Assessment 129, 79–85. https://doi.org/10.1007/s10661-006-9429-9

Martin, S., Griswold, W., 2009. Human Health Effects of Heavy Metals. nd Technology Briefs for Citizens Page 1 Environmental Science and Technology Briefs for Citizens 15, 1–6.

Muhammad Naswir and Haviz, A., 2008. Study of Peat Moss water for consume water with CCBN-RO Technology. Prociding Seminar International to UNSOED Jawa Tengah

Muhammad Naswir, Susila Arita,  Marsi and Salni., 2012. International Workshop on Sustainable Management of Lowlaand for Rice Production. Theme: Lowland for Food Sufficience in the Global Climate Change.  Banjarmasin, September 27-28th 2012. Terakreditas.

Naswir and I. Lestari. 2014. Characterization Active Carbon and Clum Shell In Reducing pH, Color, COD, Fe and Organic Matter on Peat Water. International Journal of Innovative Research in Advanced Engineering (IJIRAE), vol. 1, no. 11, pp. 137–146 

  1. Naswir, S. Arita, Marsi, and Salni. 2015. Optimization of Peat Water Treatment Be Clean Water in the Lowlands Technology with Local Raw Material Formulation. Asian Journal of Chemistry. ISSN 0970-7077, vol .27 no.11 pp 3951-3956.
  2. Naswir, S. Arita, P. Jumaida, D. M. Lince, and Tasmin. 2018. The development of nanotechnology bentonite as adsorbent of metal Cadmium (Cd). International Conference on Science and Technology 2018. Vol. 1116, no. 042026, pp. 1–9.

Naswir, M, 2019. Paten Nomor : IDS000002321 granted tahun 2019, dengan Judul : Komposisi Untuk Mengolah Air Gambut Menjadi Air Bersih. DirjenKI KemenkumHam RI

Naswir, 2020. Paten Nomor: IDS00201707672 ; Bubuk Cakang Kerang Laut (Anadara Granosa) Untuk Menaikan pH Air Gambut.  DirjenKI KemenkumHam RI

Pullammanappallil, P., Inyang, M.I., Gao, B., Zimmerman, A., Xue, Y., Yao, Y., Ok, Y.S., Cao, X., Mosa, A., 2015. A review of biochar as a low-cost adsorbent for aqueous heavy metal removal. Critical Reviews in Environmental Science and Technology 46, 1–57. https://doi.org/10.1080/10643389.2015.1096880

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1  +    =  3

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com