Prof. Ucop Haroen Bahas Pengembangan Ternak Unggas Berbasis Sumber Daya Lokal

MENDALO,- Dalam Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ucop Haroen, M.S., pada kegiatan peresmian penerimaan jabatan Guru Besar Ilmu Ternak Unggas Fakultas Peternakan Universitas Jambi, Jum`at (22/1) di Balairung Pinang Masak Unja Mendalo, Prof. Ucop Haroen menyampaikan Pengembangan Ternak Unggas Berbasis Sumber Daya Lokal.

“ Topik ini saya pilih karena sebagian besar penelitian yang saya lakukan selama bekerja menjadi dosen adalah pada bidang Ilmu Nutrisi Ternak Unggas yaitu bagaiaman cara menghasilkan ternak unggas terutama ayam dan itik sebagai sumber protein pangan dengan pertumbuhan yang cepat dn produktif yang tinggi dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ada,” ujar Prof. Ucop Istri dari Ir. Yatrofa dan ibu dari Aveciena Yoe,S.H.

Menurutnya penambahan penduduk Indonesia yang semakin meningkat menyebabkan kebutuhan pangan juga meningkat, masyarakat tidak perlu pangan sumber karbohidrat tetapi juga membutuhkan pangan sumber protein.

“ Oleh karena itu ketersediaan pangan protein harus diusahakan supaya kebutuhan pangan protein masyarakat terpenuhi, walaupun hanya kebutuhan minimal,” jelasnya.

Potensi bahan pakan Lokal di Indonesia menurutnya umumnya dihasilkan dari produksi pertanian, hasil samping pertanian maupun hasil samping industri, baik industri rumah tangga maupun industri besar seperti onggok (Hasil sampingan pembuatan tepung tapioka), daun ubu kayu, limbah pembuatan minuman jus jeruk, dedak padi, bungkil kelapa dan bungkil inti sawit.

“ Potensi Pengembangan ternak unggas di Indonesia masih terbuka kesempatan untuk dikembangkan karena daya dukung potensi bahan pakan sumberdaya lokal banyak, diperlukan beberapa strategi dalam pengembangan ternak unggas di Indonesia yang mencakup strategi dibidang pakan, strategi dibidang pembibitan dan strategi di bidang sosial ekonomi dan kelembaan, semua strategi pengembangan ternak unggas tersebut saling terkait dan bersinergi dalam meningkatkan produkvitas ternak unggas,” terangnya.

Prof. Ucop pada 10 tahun terakhir sudah menghasilakn penelitian sebagai penulis utama seperti, Extraction and Isolation Phytochemical and Antimicrobial Activity of Limonoid Compounds from Orange Waste Juice dengan status jurnal Internasional, Effectof Different Levels of Orange ( Citrus sinensis) Waste Juice Extracts on Broiler Chickens Performance status jurnal Internasional, Phytochemical Screening and in vitro Antimicrobial Effect of the Ethl acetate Extract of silages waste of orange (Citrus sintensis) terakreditasi Jurnal Internasional.

Kemudian Performance of Broiler Chickens Fed Died Added with the Addition of Buffaloes Rumen Liquor Enzymes from Slaugher house status jurnal Terakreditas DIKTI, Penggunaan Tepung Limbah Jus Jeruk (Citrus sinesis) Dalam Ransum Terhadap Kualitas Karkas Ayam broiler Status Jurnal DOAJ, Penggunaan Extrak Metanol Bawang Putih (Allium sativum) sebagai feed Additive Terhadap Kualitas Karkas Ayam Broiler status Jurnal DOAJ Sinta 3 dan Penggunaan Ekstrak Fermentasi Jahe (Zingiber officinale) Terhadap Kualitas Karkas Ayam Broiler Status Jurnal DOAJ.

SILVIA YULIANSARI

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4  +  2  =  

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com