Prof. AMIRUL BAHAS ARAH BARU KEBIJAKAN PENDIDIKAN GURU dan MODEL PENERIMAAN MAHASISWA CALON GURU

MENDALO,- Dalam Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Amirul Mukminin, S.Pd., M.Sc., Ed.,Ph.D., pada kegiatan peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam bidang Kebijakan Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Jum`at (22/1) di Balairung Pinang Masak Unja Mendalo, Prof. Amirul menyampaikan Arah Baru Kebijakan Pendidikan Guru dan Model Penerimaan Mahasiswa Calon Guru.

“ Saat ini semua mahasiswa calon guru yang ingin menjadi guru hanya mengikuti satu kali tes tertulis baik yang dilakukan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta dalam berbagai bentuk seperti SMBPTN ataupun jalur mandiri,” ujar Prof. Amirul.

Penerimaan mahasiswa calon guru melalui satu kali tes tertulis boleh dikatakan belum tentu mampu menggali motif calon mahasiswa yang ingin menjadi guru sedangkan motif atau motivasi atau alasan menjadi guru penting untuk digali saat mereka mendaftar di lembaga pendidikan guru.

“ Mengingat pentingnya penerimaan mahasiswa baru calon guru dan mengingat pentingnya mengali alasan motif mereka menjadi guru dengan memilih Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK), maka diperlukan Arah Baru Kebijakan Pendidikan Guru dan model Penerimaan Mahasiswa Calon Guru dengan tidak hanya mengandalkan model penerimaan mahasiswa baru calon guru berdasarkan Hasil tes tertulis saja,” terangnya.

Kesimpulan yang didapatnya dari Arah baru kebujakan pendidikan guru dan Model penerimaan mahasiswa calon guru adalah sebuah tawaran atau usulan agar ada perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru calon guru yang saat ini sistem penerimaannya disamakan dengan calon mahasiswa non keguruan.

“ Model ini berusaha memberikan alternatif guru di Indonesia sedikit bisa diatasi dengan menerima kelulusan SMA/SMK dan MAN yang bermotivasi tinggi yang memiliki motif altrukistik, Instrinstik, dan Ekstrinsik untuk masuk ke lembaga pendidikan tenaga keguruan (LPTK),” jelasnya.

SILVIA YULIANSARI

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

64  +    =  71

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com