Prof. Muhaimin Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Pengukuhan Guru Besar

MENDALO,- Prof. Dr. rer.nat. Muhaimin, S.Pd.,M.Si menyampaikan Orasi Ilmiah pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam bidang ilmu Kimia Organik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Jum`at (22/1) di Balairung Pinang Masak Unja Mendalo, Prof. Muhaimin menyampaikan Orasi Ilmiah yang berjudul Eksplorasi Senyawa Bioaktif Dari Tanaman Daerah Jambi Sebagai Kandidat Obat dan Fungisida Hayati.

“ Hasil penelitian yang saya presentasikan ini, diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pendayagunaan tumbuhan Indonesia sebagai sumber senyawa bioaktif dalam hal ini sebagai kandidat obat anti malaria dalam rangka mencari alternatif untuk mengatasi resistensi terhadap obat antimalaria yang sudah ada,” ujar Prof. Muhaimin.

Selain itu pemaparan hasil rangkuman penelitian yang dipaparkan pada orasi ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam rangka pencari senyawa anti cendawan alami yang dapat digunakan sebagai fungisida hayati yang dapat membantu masyarakat dalam menanggulangi penyakit tanaman tanaman.

“ Penyakit tanamanan yang disebabkan oleh cendawan sebagai alternatif pemakaian pestisida kimia yang memiliki toksisitas yang sangat tinggi, senyawa-senyawa ini dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai immunomodulator, obat antijamur dan antimikroba, antiseptik, disinfektan, antiinfalsi dan sebagainya,” sebutnya.

Dari persentasi yang disampaikannya Prof. Muhaimin mengatakan tumban tropis Jambi-Indonesia kaya beraneka tumbuhan herbal yang telah digunakan oleh masyarakat dalam pengobatan tradisional dan pestisida secara turun-temurun.

“ Eksplorasi senyawa bioaktif dari tanaman daerah Jambi sebagai kandidat obat baru udah ditemukan beberapa tanaman, eksplorasi senyawa bioaktif dari tumbuhan obat tradisional akan memiliki manfaat yang cukup luas baik secara ekonomi, industri, maupun yang berkaitan dengan kemandirian dan kebanggaan bangsa, senyawa-senyawa yang memiliki bioaktifitas sebagai obat dan pestisida dapat diperbanyak dan dimodifikasi melalui sintesis di laboratorium,” terang Prof. Muhaimin.

Prof. Muhaimin pada tahun 2018 mendapatkan penghargaan sebagai Peneliti Inovator oleh Universitas Jambi dan pada tahun 2019 mendapatkan penghargaan Publikasi Internasional Terproduktif oleh Universitas Jambi.

SILVIA YULIANSARI

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

70  +    =  80

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com