Prof. Nazurty Sampaikan Orasi Ilmiah Pada Pengkuhan Guru Besar

MENDALO,- Prof. Dr. Dra. Hj. Nazurty, M.Pd menyampaikan Orasi Ilmiah pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam bidang Bahassa dan Sastra pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Jum`at (22/1) di Balairung Pinang Masak Unja Mendalo, Prof. Nazurty menyampaikan Orasi Ilmiah yang berjudul Pembelajaran Apresiasi Sastra Lama di Sekolah Menengah Pertama: Persepsi Guru Bahasa dan sastra Indonesia.

“ Pembelajaran apresiasi Sastra Indonesia di sekolah menengah pertama, secara umum bertujuan untuk meningkatkan potensi siswa dalam memahami dan menghayati karya sastra, selain itu diupayakan agar siswa dapat menjadikan karya sastra sebagai alat untuk membuka cara pandang, memperbaiki etika moral, dan mendorong pembenahan kecerdasan berbahasa,” ujar Prof. Nazurty.

Pada penyampaian orasi ilmiahnya Prof. Nazurty berkesimpulan bahwa pembelajaran apresiasi sastra lama di Sekolah Menengah Pertama sudah dilaksanakan secara maksimal tetapi belum optimal.

“ Guru pada umumnya sudah berupaya untuk merancang rencana pembelajaran secara maksimal, tetapi asih terkendala dengan sumber belajar terbatas, buku-buku tentnag sastra lama baik berupa buku cipta sastra lama maupun berupa buku pengetahuan tentang sastra lama sangat kurang, solusi yang diharapkan adalah menciptakan bahan ajar yang menarik baik dalam bentuk buku maupun berupa media digital yang berbasis sastra melayu,” terangnnya.

Kemudian ia mengatakan untuk mengoptimalkan pembalajaran aprsiasi sastra lama juga diperlukan pelatihan para guru bahasa dan sastra Indonesia untuk meningkatkan kompetensi guru apresiasi sastra, pembelajaran apresiasi sastra umumnya dan apresiasi sastra khususnya yang berkualitas memerlukan guru yang berkompetensi baik dan berkualitas pula.

SILVIA YULIANSARI

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

22  +    =  25

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com