Unja Launching 8 Aplikasi Terintegrasi

MENDALO,- Universitas Jambi melaunching 8 aplikasi terintegrasi dan Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Jambi tahun 2021, Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D meresmikan 8 aplikasi tersebut pada Kamis (18/2) di Ruang Senat gedung rektorat Lantai III Unja Mendalo.

Launching ini dilakukan langsung oleh Rektor Unja Prof. Drs H. Sutrisno, M.Sc, Ph.D dengan menekan tombol scanning sebagai simbol diresmikannya aplikasi baru di Unja ini.

Rektor mengatakan, ada delapan aplikasi yang diluncurkan, yaitu aplikasi Siremun, Siuda, Sikaja, Silabor, Sikama, Sikemas, Khatam Quran, dan Aplikasi Saestu. Aplikasi tersebut dihadirkan dalam rangka mensukseskan pengembangan sistem informasi terintegrasi sebagai tuntutan PTN BLU dan sebagai Badan Pengelola Usaha (BPU). “Ini juga sebagai salah satu usaha untuk mensukseskan platform Unja Smart dan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar,” ujar Rektor.

Salah satu manfaat Aplikasi Siremun adalah untuk merekam kinerja dosen dan Tenaga Pendidik sebagai bahan dasar pembayaran Remunirasi pembayaran gaji karena Unja telah menggunakan status perguruan tinggi BLU, kemudian setiap aplikasi memiliki manfaatnya sendiri seperti SIKAJA, sikaja adalah Sistem Informasi Karir Alumni Universitas Jambi, Aplikasi ini merupakan sarana bagi alumni dan masyarakat luas untuk mencari dan membuka lowongan pekerjaan, didalam aplikasi ini setiap perusahaan bisa memasukan info lowongan kerja yang ada diperusahaanya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Unja, Drs. Jefri Marzal, M.Sc, D.I.T., mengatakan peresmian 8 aplikasi ini diperuntukan bagi keluarga besar civitas akademika Unja.

“ Seperti yang sudah disampaikan Pak Rektor, bahwa hari ini kita melaunching 8 aplikasi yang akan digunakan oleh seluruh civitas akademika untuk aplikasi utama yaitu diantaranya adalah aplikasi untuk remunirasi kemudian aplikasi untuk penyajian presensi kerja di aplikasi untuk pengolahan laboratorium kemudian ada aplikasi untuk karir dimana mahasiswa dan perusahaan bisa bertemu ya dalam aplikasi sehingga memudahkan alumni kita untuk mencari kerja nantinya dan ada beberapa aplikasi lain yang digunakan oleh humas dan juga untuk keperluan tracer study,” ujar Jefri.

Selain itu, Ia juga mengatakan salah satu misi Unja adalah tranmisi informasi digital di Indonesia untuk keperluan ini ada dua hal yang harus dipersiapkan pertama adalah menyiakan aplikasi-aplikasi yang ada sehingga seluruh Proses yang ada di Unja ini bisa dilaksanakan dengan bantuan IT, kemudian yang kedua untuk merubah mindset dari semua orang yang ada di Unja untuk melaksanakan sesuatu dengan cepat dan itu tentu semua ketentuan teknologi informasi dan komunikasi.

“ Aplikasi ini sudah bisa dijalankan seperti remunerasi itu sudah berjalan untuk pembayaran remunirasi dan kemudian untuk karir ini, dan saya sudah mengontak beberapa perushaan untuk mengumumkan informasi-informasi pekerjaan di aplikasi karir unja.ac.id ini,” jelasnya.

Peresmian yang dihadiri Wakil Rektor, Ketua SPI, Ketua Lembaga, Dekan, Kepala Biro juga dilaksanakan melalui zoom meeting serta live streaming youtube Universitas Jambi.

SILVIA YULIANSARI

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8  +  1  =  

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com