Rektor Sampaikan Peristiwa Penting pada Tahun 2021 ini

MENDALO,- Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D menyampaiakn beberapa peristiwa penting yang terjadi dan akan berlangsung di tahun 2021 ini pada sambutannya di Wisuda Unja ke-94 dan Dies Natalis Unja ke-58, Sabtu (24/4).

“Beberapa Peristiwa penting yang terjadi dan akan berlangsung di tahun 2021 ini adalah Universitas Jambi mendapatkan amanah untuk menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan oleh Ditjen DIKTI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta bersama Kuliah Kerja Nyata Bersama oleh BKS PTN Wilayah Barat yang di focuskan di 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” ujar Rektor.

Rektor juga menyebutkan Universitas Jambi telah berpartisipasi sebanyak 421 mahasiswa untuk program Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Ditjen DIKTI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang difokuskan dalam kegiatan membantu sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran di daerah 3T didalam maupun diluar Provinsi Jambi.

“ Kemudian Program studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi memperoleh hibah CoE Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) denngan imbas Program studi di Lingkungan Universitas Jambi maupun di luar Universitas Jambi, lalu lima program studi yaitu Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Biologi, Teknologi Industri Pertanian dan Teknik Pertanian memperoleh hibah kerjasama kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Rektor.

Selain itu Universitas Jambi memiliki Hibah SPMI dengan sasaran 6 program studi terakreditasi C menuju akreditasi lebih baik, sedangkan untuk prestasi mahasiswa tingkat nasional pada tahun ini mahasiswa Unja memperoleh juara 1 umum lomba sayembara Bidik Misi Nasional, Juara 1 Essay, Juara 1 Lomba debat Nasional serta beberapa juara dalam bidang MTQ tingkat nasional dan Senam Kreatif Nasional, kemudian Badan Informasi Geospasial (BIG) Pusat memberikan dana hibah swakelola kepada PPIIG Universitas Jambi.

“ Program-program yang masih dalam proses adalah PHP2D (Program Holistik Pengembangan dan Pemberdayaan Desa), PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa), Pertukaran mahasiswa Nasional, PERMATA SARI, PERMATA SAKTI, UNINET, U 2 U, Pertukaran mahasiswa Merdeka (PMM) serta Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) dimana program tersebut menekankan pada kolaborasi dengan dunia industri,” terang Rektor.

Selain itu Rektor juga mengatakan ada Program akreditasi program studi menuju akreditasi Unggul direncanakan sebanyak 22 dari jenjang S1, S2, dan S3 serta 9 program studi menuju akreditasi Internasional dan Universitas Jambi secara konsisten membangun inovasi dan kreatifitas melalui kegiatan kewirausahaan.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49  +    =  51

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com