UNJA Ajak Masyarakat Mengenali Cagar Budaya

JAMBI,- Sebagai Wujud dari pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah melaksanakan Pengabdian Kepada masyarakat, tim Dosen FKIP Universitas Jambi yang terdiri dari Nainunis Aulia Izza, S.Pd., M.Hum., sebagai ketua dengan anggota dosen lainnya yaitu Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd., dan Ari Mukti Wardoyo Adi, M.A, menyelenggarakan kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Pengenalan Cagar Budaya Candi Pematang Jering yang bertempat di SD Negeri 072/IX Pematang Jering, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (5/6).

“ Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dari Universitas Jambi dalam membangun kemitraan serta mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dari disiplin ilmu yang ada. Sementara latar belakang dilaksanakan kegiatan ini adalah keinginan untuk mengenalkan peninggalan sejarah kepada generasi muda, dalam hal ini adalah anak-anak usia SD,” ujar ketua pelaksana Nainunis Aulia Izza, S.Pd., M.Hum.

Kemudian ia mengatakan sebelum pelaksanaan kegiatan, diadakan pertemuan pendahuluan antara Tim Pengabdian FKIP Universitas Jambi dengan pihak pimpinan sekolah untuk menyatakan tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

“ Tim pengabdian FKIP Unja yang datang bertemu dengan bapak Sukarso, S.Pd selaku Kepala Sekolah yang diampingi oleh beberapa guru. Pertemuan awal ini mengungkapkan maksud dari Tim Pengabdian FKIP Universitas Jambi untuk menyelenggarakan kegiatan PPM Pengenalan Cagar Budaya di SD Negeri 072/IX Pematang Jering, dan sekolah menyambut baik program yang akan kami jalankan,” Jelasnya.

Sementara itu kegiatan pelatihan PPM Penerapan IPTEK terlaksana pada tangal 5 Juni 2021. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah Pengenalan Peninggalan Sejarah yang disampaikan oleh Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd, Mengenal Lebih Dekat Candi Pematang Jering yang disampaikan oleh Ari Mukti Wardoyo Adi, M.A dan Permainan Edukatif Teka-Teki Silang yang disampaikan oleh Nainunis Aulia Izza, S.Pd., M.Hum.

“ Kegiatan PPM Pengenalan Cagar Budaya ini berlangsung dengan baik dan menarik minat dan antusiasme siswa. Tingginya antusiasme tersebut membuat pihak sekolah membatasi jumlah peserta. Lebih lanjut, Kepala Sekolah Sukarso, M.Pd menyampaikan kepada Tim Pengabdian agar kegiatan pengabdian ini dapat berlanjut dan berkesinambungan di masa yang akan datang,” ujar Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5  +  5  =  

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com