Mahasiswa FKIP Dukung Program Pemerintah Naikkan Akreditasi C Sekolah Terluar Di Provinsi Jambi

JAMBI,- Dalam rangka mendukung salah satu program pemerintah, yaitu Kampus Mengajar, mahasiswa Program Studi Adminisrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Sutarman bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bradley Setiyadi, S.Pt., M.Pd membantu proses pendidikan sekolah-sekolah terpencil dan terluar di Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 22 Maret – 26 Juni 2021.

“ Sekolah yang menjadi perhatian adalah sekolah dasar yang berada di wilayah terpencil dan terluar di setiap provinsi di Indonesia dan sekarang kami memilih SD Negeri 011/X Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” ujar Bradley Setiyadi, S.Pt.,M.Pd Dosen Pembimbinga Lapangan (DPL) mahasiswa FKIP Sutarman.

Kemudian ia mengatakan program ini bertujuan untuk membantu proses pendidikan di sekolah-sekolah terakreditasi C ke bawah serta sekolah-sekolah yang berada pada wilayah terpencil dan terluar di setiap provinsi di Indonesia.

“ Program ini diawali dengan laporan kepada dinas pendidikan setempat, dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur kemudian setelah pihak dinas memberikan arahan, mahasiswa langsung menuju penempatan sekolah masing-masing. Di sekolah, mahasiswa diterima dengan baik oleh Kepala Sekolah, yaitu ibu Kartika, S.Pd. Sebelum melaksanakan kegiatan, mahasiswa melakukan observasi terhadap permasalahan yang ada di sekolah kemudian menyusun rencana kegiatan yang akan dilaksanakan selama program Kampus Mengajar melalui diskusi terlebih dahulu dengan kepala sekolah,” jelas Bradley.

Selain itu ia juga mengatakan kegiatan yang dilaksanakan tersebut meliputi 4 kegiatan utama yang harus dilakukan oleh mahasiswa selama program.

“ Ya ada 4 kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu Membantu pembelajaran Bahasa Indonesia, Membantu pembelajaran Matematika, Membantu administrasi dan Membantu adaptasi teknologi, dan secara khusus, mahasiswa yang bertugas diberi amanah untuk mengajar kelas 5, termasuk memberikan nilai, membuat soal Ujian Akhir Semester (UAS) serta mengisi dan membagikan rapor, terang Bradley.

Sementara itu Sutarman mahasiswa FKIP Program studi Administrasi Pendidikan yang melaksanakn program tersebut mengatakan selama kegiatan ia membuat laporan harian serta secara rutin mengadakan sharing session setiap dua minggu sekali bersama DPL.

“ Kita disambut baik oleh pihak sekolah dan masyarakat sekitar dan pada akhir program kepala sekolah menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa dan DPL atas lancarnya kegiatan yang dilaksanakan. Kepala sekolah juga menyampaikan harapannya agar program ini dapat berlanjut kedepannya,” ungkap Sutarman.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  +  71  =  79

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com