Unja Terima Jalur Hafidz Qur`an

JAMBI,- Universitas Jambi membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa melalui jalur Hafiz Alqur`an 30 Juz bagi siswa lulusan SMA/SMK/MA penghapal Al Quran (hafiz) 30 Juz untuk masuk ke Unja tanpa melalui tes namun harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan.

Ketua panitia pelaksana jalur Hafiz, Dr. Supian, S.Ag., M.Ag mengatakan Jalur Hafiz telah dibuka beberapa hari yang lalu dan saat ini sudah ada pendaftaran untuk jalur tersebut.

“Hingga kemarin (14/7) pendaftar untuk jalur hafiz sebanyak 12 orang, kemungkinan bisa saja bertambah karena mungkin ada yang sedang mempersiapkan syaratnya,” ujar Dr. Supian.

Selain itu ia menyebutkan, Ada beberapa persyaratan untuk bisa masuk ke jalur hafiz diantaranya hafal Alqur`an 30 Jus.

“ Ada beberapa syarat seperti memiliki ijazah SMA/MA/sederajat, kemudian Hafiz dan hafizah Al Qur`an 30 Juz dibukatikan dengan Syahadah/ijazah hafiz/hafizahah Al-Qur`an 30 Juz, Hafiz/hafizhah yang memiliki piagam prestasi dalam musabaqoh Tilawatil Qur`an minimal juara 3 Tingkat Provinsi, kemudian Qori/Qoriah dengan menjuarai minimal juara 3 tingkat Provinsi serta memiliki kemampuan lain bidang MTQ,” terang Dr. Supian.

Selain itu Dr. Supian juga mengatakan bahwa bukan hanya Hafidz Qur`an yang bisa mendaftar tapi juga kitab suci agama lain.

“ Jalur Penghapal kita suci ini juga diperuntukan bagi kitab suci agama lain tetapi sampai saat ini memang belum ada pendaftar selain Islam, karena memang seleksi ini seleksi penghapal kita suci jadi semua agama tidak hanya Islam bisa mengikuti seleksi ini,” terang Supian.

Sebagai informasi, Pendaftaran dilaksanakan dari tanggal 5 -17 Juli 2021 melalui link pendaftaran jpbm-penghapal-kitab-suci.unja.ac.id kemudian seleksi berkas dari tanggal 19-23 Juli 2021, sedangkan tes dilaksanakan pada tanggal 19-23 Juli 2021 dan pengumuman pada tanggal 28 Juli 2021.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2  +  1  =  

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com