Pemotongan Hewan Kurban Ke-27, FAPET UNJA Sembelih 9 Sapi

MENDALO,- Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1442 H, Forum Kajian Islam (FKI) Fakultas Peternakan Universitas Jambi dan Keluarga Besar Fakultas Peternakan (FAPET) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan pemotongan hewan kurban di Kampus FAPET Mendalo, Selasa (20/7). Pemotongan hewan kurban ini merupakan edisi ke-27 selama FAPET berdiri.

“Alhamdulillah jumlah hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi yang berasal dari kendang sapi FAPET serta dari desa binaan yang ada di beberapa kabupaten yang ada di provinsi Jambi, “ ujar ketua Panitia pelaksana Dr. Ir. Afzalani, M.P.

Penyembelihan hewan kurban ini merupakan pelaksanaan yang ke 27, digelar oleh Fakultas Peternakan UNJA. Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas tahunan FAPET UNJA yang dilaksanakan melalui FKI FAPET UNJA. Dana untuk penyembelihan hewan kurban ini diperoleh dari peserta kurban yaitu pegawai, dosen dan ada juga yang dari pensiunan UNJA.

“ Ini merupakan penyembelihan ke-27 artinya sudah 27 tahun dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dan merupakan bentuk kepedulian UNJA terhadap masyarakat sekitar dan pegawai UNJA. Tahun ini jumlah sapi yang disembelih yaitu 9 ekor, meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 8 ekor atau bertambah 1 ekor dari tahun sebelumnya, nanti akan dibagikan ke pegawai, satpam, tenaga kebersihan yang ada di UNJA dan juga masyarakat sekitar,” ujar Afzalani.

Selain itu, Dekan Fakultas Peternakan Dr. Ir. Agus Budiansyah, M.S., yang juga hadir dalam penyembelihan hewan kurban mengatakan momen penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu ajang sillaturahmi antar dosen, pegawai yang ada di lingkungan Fakultas Peternakan UNJA.

“ Merupakan wadah sillaturahmi dalam menjalin keakraban antar sivitas akademika, dalam pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan standar pelayanan covid-19,” jelas Pak Dekan.

Selain itu, untuk kesehatan sapi yang disembelih saat Idul Adha sudah diperiksa dari dokter hewan, sehingga kesehatan hewan kurban yang disembelih terjamin. Hal ini karena FAPET punya peternak binaan sehingga, hewan kurban yang diperoleh dari mitra binaan tersebut yang memang selalu terkontrol kesehatannya.

“Kita juga punya klinik hewan untuk memfasilitasi masyarakat yang mempunyai masalah kesehatan hewan, dan termasuk masyarakat yang punya peternakan juga bisa menghubungi FAPET,” terangnya.

Pemotongan juga disaksikan oleh Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc.

SILVIA YULIANSARI

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

25  +    =  30

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com