JAMBI,- Andi Naga Wulan adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi. Wulan merupakan mahasiswi yang telah menggeluti dunia tulis menulis dengan serius. Baru-baru ini ia mengikuti lomba MKTIQ (Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an) dan menjadi juara 1.

Lomba MKTIQ adalah salah satu cabang lomba yang diadakan dalam kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-50 tingkat Provinsi Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan di Tanjung Jabung Barat secara offline pada bulan Oktober 2021.

“Saya mengikuti lomba ini karena memang berkaitan dengan hobi saya yaitu menulis. Dalam karya tulis ilmiah ini saya mengangkat tema tentang ekonomi syariah dan penguatan kesejahteraan masyarakat tetapi tetap dalam perspektif Islam. Karena ini sangat dibutuhkan saat ini yang sedang dalam masa Pandemi Covid-19. Sebenarnya ini gak berhubungan dengan jurusan saya yang Pendidikan Bahasa, tapi saya mencoba untuk out of the box,” Ujarnya.

Dalam proses perlombaan ini ia merasa banyak sekali proses yang dilalui dan memberikan manfaat yang positif bagi dirinya. Ia juga sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari untuk mengikuti lomba MKTIQ.

“Saya sudah mulai latihan kepenulisan (training center) dari bulan Maret hingga menjelang lomba pada bulan Oktober. Untuk tahun ini ada seleksi dari tingkat Kabupaten, sehingga melaju ke tingkat Provinsi. Dengan mengikuti lomba Wulan jadi memperoleh manfaat yang sangat banyak. Beberapa diantaranya belajar berpikir kritis, logis, dan tersistematis. Nah selain itu Wulan juga jadi lebih banyak belajar tentang nilai-nilai Al-Qur’an ” tambahnya.

Faktanya, Wulan sudah sering mengikuti lomba yang berkaitan dengan Menulis Ilmiah Al-Qur’an dan menjadi juara. Diantaranya menjadi Juara 1 Musabaqah Makalah Al-Qur’an tingkat Kabupaten Muaro Jambi 2018, Juara 2 Musabaqah Syarhil Qur’an Tingkat Mahasiswa Nasional Festival Haf-sa Qur’ani 2020, Grand finalis Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an di Universitas Bangka Belitung 2020, Juara 3 MTQ Mahasiswa Nasional cabang Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an di Universitas Negeri Yogyakarta 2021, dan masih banyak lagi.

Wulan juga berhasil menerbitkan beberapa buku karyanya, Novel yang berjudul Meninggalkan Ikhlas di dalam Ikhlas, Novel Senja Membutuhkan Awan Hitam, dan Antologi Bersama Cerpen Sejuta Caraku Mencintaimu.

“Harapannya semoga setelah adanya event Musabaqoh Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an ini Wulan bisa lebih mengeksplorasi nilai-nilai Al-Qur’an untuk menghadapi permasalahan sosial yang ada di Indonesia, dan mudah-mudahan dari karya-karya itu Wulan bisa jadikan buku dan menjadi sebuah karya fisik yang bisa diterbitkan,” pungkasnya.

Asmi Ayu Ning Alim/HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *