MENDALO,- Sehubungan dengan amanat Permendikbudristek Nomor 20 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kearsipan di lingkungan Kemendikbud ristek dan sesuai SE tentang gerakan sadar arsip, Universitas Jambi mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Dilingkungan UNJA Tahun 2022.  Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir, Teja Kaswari, M.Sc., pada Kamis (23/6/22) di Rumah Kito Resort Hotel Jambi.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 84 orang yang terdiri dari Koordinator, Sub Koordinator dan staf Pengadministrasian Persuratan di lingkungan UNJA dengan menghadirkan Narasumber dari Pejabat Fungsional Arsiparis Ahli Madya Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Ibu Rustina, S.sos., M.Ap., dan I Wayan Naler, S.Pd.

Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan kegaiatan ini sangat penting dan bermanfaat.

” Kami mengapresiasi kegiatan ini,  dengan adanya kegiatan ini maka sistem persuratan Universitas Jambi akan tertata dengan baik,” ujar Dr. Teja Kaswari.

Sementara itu Ketua Panitia pelaksana, Mardiandi, S.H., M.H., mengatakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis sebagai bagian dari kegiatan komoetensi sumber daya manusia dalam pengelolaan dan penataan arsip aktif, menghasilkan tertaannya fisik informasi serta tersusunnya daftar arsip.

” Dengan demikian dapat memudahkan penemuan/pencarian kembali arsip yang dibutuhkan,” terang Mardiandi.

Selain itu mengatakan tujuan dari acara ini untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas SDM yang ada di Universitas Jambi.

“Kegiatan ini bertujuan agar arsip terpelihara dengan baik, teratur dan aman jika dibutuhkan bisa ditemukan dengan cepat dan tepat dan untuk meningkatkan kompetensi SDM, mendapatkan tenaga terampil, terlatih dan siap pakai dalam upaya peningkatan Kuantitas dan Kualitas SDM di Universitas Jambi,” pungkasnya.

Silvia Yuliansari

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *