MENDALO,- Pusat Pelaksana Kukerta Universitas Jambi (UNJA) menggelar kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) pembekalan Mahasiswa Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Jambi tahun 2024 dilaksanakan di Aula A. Hakim Lubis LPPM UNJA Mendalo, Rabu dan Kamis (3 s.d 4 Juli 2024).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hafrida, S.H.,M.H., serta dihadiri Koordinator Pusat Pelaksana Kukerta UNJA, Ridhwan, S.Ag.,M.E.Sy., Dosen pembimbing lapangan, serta mahasiswa peserta Tematik 2024.

Prof. Dr. Hafrida, S.H.,M.H mengatakan kepada mahasiswa untuk dapat mengenali daerah yang akan menjadi tempat KKN.

“Kenali dan pahami tempat yang akan kita datangi, kemudian pahami, mahasiswa harus bisa melihat adat dan kebiasaan masyarakat desa tersebut karena mereka memiliki kebiasaan sendiri, mereka punya budaya sendiri, mereka punya tata krama sendiri sehingga keberadaan mahasiswa dapat diterima dengan baik,” ujar Prof. Hafrida.

Prof. Hafrida juga berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, diberi kesehatan dan keselamatan sehingga dapat menyelesaikan pengabdian di desa tersebut dengan baik.

Koordinator Pusat Pelaksana Kukerta UNJA, Ridhwan, S.Ag.,M.E.Sy., mengatakan kegiatan bertujuan untuk membekali mahasiswa calon peserta Kukerta dengan berbagai pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan kegiatan pengabdian mahasiswa di Perguruan Tinggi, sekaligus sebagai seleksi akhir bagi calon peserta Kukerta sebelum di tempatkan pada desa lokasi.

“Peserta diklat diikuti sebanyak 101 orang mahasiswa dengan rincian, 79 orang KKN Tematik yaitu Fakultas Ekonomi 11 orang, Fakultas Hukum 9 orang, Fakultas KIP 30 orang, Fakultas Pertanian 6 orang dan Fakultas Peternakan 13 orang sedangkan selebihnya 5 orang mahasiswa merupakan peserta KKN kebangsaan di Universitas Pattimura Ambon dan 5 orang mahasiswa KKN Internasional BKS PTN Barat di Universitas Sumatera Utara Medan 5 orang,” kata Ridhwan.

Ridhwan juga mengatakan pada kegiatan kali ini mengambil tema “Kelurahan/Desa Peduli Pendidikan dan Lingkungan” sedankan lokasi Kukerta tedapat di 3 lokasi.

“Lokasi Kukerta Tematik di Kabupaten Batanghari di Kecamatan Muaro Tembesi di Kelurahan Pasar Tembesi dan Suka Ramai, kemudian 3 desa lainnya yaitu Desa Sungai Pulai, Rambutan Masan dan Desa Pulau, sedangkan lokasi KKN Kebangsaan di UNPATI Provinsi Ambon dan KKN Internasional BKS PTN Barat di USU Medan,” ungkapnya.

Mahasiswa akan diberangkatkan ke lokasi, untuk Kukerta Tematik pada tanggal 16 Juli 2024, kemudian mahasiswa KKN Kebangsaan pada tanggal 22 Juli serta KKN Internasioal BKS PTN pada tanggal 4 Agustus 2024.

Silvia Yuliansari
Foto: Silvia Yuliansari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *