Guru SDN Muaro Jambi, Mitra LPTK Unja mengikuti pelatihan PJJ Tanoto Foundation (Selasa, 14 Juli 2020)

Selasa, 14 Juli 2020 dilaksanakan pelatihan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi SD Mitra LPTK Universitas Jambi. Sejumlah 34 orang guru dan Kepala Sekolah mengikuti pelatihan tersebut. Empat sekolah mengirimkan pesertanya, yakni SDN 76/IX Mendalo, SDN 197/IX Pematanggajah, SDN 211/IX Mendalo, dan SDN 236/IX Aurduri. Keempat sekolah tersebut berada di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Pembelajaran jarak jauh yang akhir-akhir ini lebih dikenal dengan nama pembelajaran daring atau online memang sangat berkaitan dengan perangkat elektronik. Sebenarnya, perangkat elektronik yang agak nyaman untuk melaksanakan pembelajaran daring adalah komputer atau laptop.

Dari informasi awal yang diterima, hanya 37% guru peserta pelatihan yang sering menggunakan laptop. Artinya, lebih dari separuh peserta jarang bahkan tidak pernah menggunakan laptop. Informasi awal ini tentu mengejutkan bagi para fasilitator karena dihadapkan pada bayang-bayang sulitnya para guru mengikuti pelatihan PJJ tersebut.

Ternyata ada informasi lain yang cukup melegakan. Meskipun lebih separuh para guru jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan laptop, tetapi 72% dari mereka sering menggunakan telepon seluler atau handphone pintar. Selebihnya, sekitar 28% menginformasikan jarang menggunakan HP pintar tersebut.

Dengan bekal pemakaian HP pintar, para guru di Muaro Jambi bersemangat mengikuti pelatihan PJJ. Dengan HP pintar tersebut, 84% guru sering dan sudah terbiasa menggunakan aplikasi WA (WhatsApp), baik dengan cara chat, kirim gambar/video, video call, baik personal maupun dalam grup. Keterampilan-keterampilan penggunaan aplikasi WA tersebut sangat membantu dan memberi semangat kepada mereka untuk mengikuti pelatihan PJJ Tanoto Foundation.

Tidak berhenti pada penggunaan aplikasi WA. Dengan HP pintar pula 43% dari guru SD di Muaro Jambi telah sering menggunakan aplikasi ZOOM, 26% telah sering menggunakan aplikasi Webex, dan 74% telah terbiasa melakukan panggilan video (video call) dengan aplikasi WhatsApp. Sungguh keterampilan-keterampilan yang dimiliki itu sangat membantu dalam melaksanakan tugas pembelajaran daring (PJJ).

Berdasarkan informasi tersebut, cukup beralasan bila pengembangan pembelajaran jarak jauh (daring/online) sebaiknya ditekankan pada pemanfaatan HP pintar dengan tetap memanfaatkan laptop/komputer sebagai perangkat yang lebih nyaman.

 

Maryono

*Universitas Jambi/Fasdos TF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *