MENDALO,- Universitas Jambi bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Kolaborasi riset pada Jum’at (29/10) di ruang rapat Thabrani M. Shaleh SH.,MH LP2M UNJA. Kegiatan dihadiri oleh Prof. Dr. rer.nat. Rayandra Asyhar,M.Si. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi, Plt. Kepala LPPM IPB Dr. Ir. Ernan Rustiadi, MAgr., Ketua LP2M, Dr. Ade Octavia, S.E., M.M., Dekan FEB dan Pertanian dan lain-lain.

“Saya rasa kerjasama sama ini perlu kita sinergikan dan perkuat, nantinya hasil-hasil penelitian ini ada yang masuk dunia komersial dan dihubungkan dengan industri, di IPB sendiri ada kawasan science sinovac , yang merupakan kawan senovac terbaik oleh kemenristeksikti , Kawasan Science Psenovac ini adalah jembatan utama industri, jadi penelitian yang masuk dunia komersialisasi industri itu ditangani oleh LKSP (Lembaga Kawasan Science Psenovac), akhir pertemuan ini mudah-mudahan kita bisa ambil titik temu riset ini” Ujar Dr. Ir. Ernan Rustiadi, MAgr. Plt Ketua LP2M IPB.

Sementara itu Ketua LPPM Dr. Ade Octavia, S.E., M.M. menyambut baik kerjasama yang dilakukan bersama IPB.

“Kita sangat terbuka untuk melakukan kerjasama dengan pihak IPB, kalau masalah program bisnisnya kita sama, menjunjung tinggi tri darma, kalau dari struktur organisasi LP2M ini memang menyatu, kita ada 13 PUI, tapi yang dapat pendanaan dan diakui baru 1, ini membuka pintu kami untuk juga belajar untuk saling melengkapi riset mungkin ada yang IPB miliki tapi tidak dimiliki oleh UNJA pun sebaliknya,” Terang Dr. Ade.

“Kami sangat membutuhkan gandengan tangan, untuk kegiatan LP2M ada beberapa skema yaitu DLT , riset keilmuan dan IPT tingkat nasional, riset guru besar, riset tematik, tahun lalu ada riset gambut, tapi karena tahun ini ada PUI maka kita membentuk riset kegiatan PUI, kami sudah mempersiapkan anggaran itu tapi itu hanya untuk internal dosen tetap UNJA, terus ada kewirausahaan desa, ada khusus desa wisata itu semua kita realisasikan tahun ini Alhamdulillah sudah jalan 70% dan sekarang sedang dalam tahap monitoring dan evaluasi , kami sangat menerima jika IPB berkenan memberi ilmu kepada kami, kami sangat senang dan menyambut baik,” harapnya.

Dalam rapat internal kerjasama riset keilmuan pihak UNJA dan IPB ini, dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas ekonomi dan bisnis. Beliau memaparkan terkait aktivitas riset yang dilakukan oleh UNJA.

“Dua tahun kedepannya kita fokus desa wisata 4.0, branding desa tahun’ ini berjumlah 10 desa yang akan kita promosikan, semua desa yang ada di Universitas Jambi Nantinya akan menjadi platform UNJA, Nanti ada forum desa wisata jadi kepala desa yang ada di Jambi yang terpilih menjadi desa wisata ikut riset tersebut, semuanya ini kami kaitkan dengan kebijakan LP2M , ada juga nanti kerja sama juga dengan pihak fakultas lain, seperti fakultas hukum dan pertanian,” Pungkas Dekan FEB UNJA, Dr. Junaidi, S.E.,M.M.

Rahman/HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *