Pewarta: Dimas Anugrah Adiyadmo / Gemisya Aspinanda Putri
Foto: ist

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

 

JAMBI,- RD. Azi Kusuma Wijaya mahasiswa Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jambi (UNJA) terpilih menjadi 15 Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) 2024, dari 100 peserta yang telah lolos tahap wawancara se-Provinsi Jambi. Yang dilaksanakan Boothcamp di Rumah Kito Resort Hotel Jambi pada 20-22 Mei 2024. Dan dilaksanakan kepelatihan selama 6 bulan.

Program WUBI adalah program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Wirausaha yang diawali dengan proses seleksi, kegiatan pelatihan, dan pendampingan dalam rangka peningkatan skala usaha. WUBI ini merupakan proses peningkatan atau pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas UMKM. Program ini sendiri memiliki rangkaian seleksi untuk pengukuhan para WUBI terpilih yang didahului oleh seleksi wawancara dan top 100 yang berlangsung di Rumah Kito Resort Jambi.

Motivasi Azi mengikuti kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha menuju digitalisasi dan memperluas pasar.

Dr. Nurida Isnaeni, S.E., M.Si, selaku Dosen Pembimbing mengungkapkan rasa bangga atas produk wirausaha yang dikembangan Azi.

“Saya sebagai dosen pembimbing sangat Bangga,  karena produk Kriya ‘Batoku Jambi’ Berbeda dari produk batok kelapa daerah lain, dengan menggunakan 2 jenis batok, berwarna putih dan coklat sehingga memunculkan gradasi warna menarik dan unik, selain itu kerajinan ini berbentuk 3 dimensi yg bisa dilihat dari berbagai sisi. Tak lupa produk ini sudah di display UNIQLO Jamtos,” ucap Dr. Nurida

Beliau juga berharap produk ini dapat dikembangkan kembali sehingga memiliki banyak varian dan menembus pasar Internasional.

“Setau saya baru Azi yang berstatus mahasiswa UNJA yang lolos WUBI ini. Saya berharap produk ‘Batoku Jambi’ berkelanjutan, memiliki varian yang lebih beragam sebagai solusi Home Decor, menjadi produk unggulan UNJA sebagai cinderamata penopang pariwisata, memiliki galeri sendiri, dan bisa menembus pasar internasional,” harap beliau.

 

Azi mahasiswa Ekonomi Pembangunan UNJA menjelaskan mengenai persiapan hingga seleksi WUBI 2024 ini.

“Tahap awal yakni mendaftarkan usaha melalui form, lalu diseleksi dari ratusan peserta yang mendaftar dipilih 100 peserta yang terbaik yang akan lanjut ke tahap wawancara. Dari tahap wawancara berhasil terpilih 15 wirausahawan terbaik untuk menjadi Wirausaha Unggulan Bank Indonesia,” jelas Azi.

Azi berharap usaha yang dijalankan dapat menuju digitalisasi dan memperluas pasar, bukan hanya pasar lokal tetapi juga pasar Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *