JAMBI,- Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jambi (UNJA) menggelar Workshop Penyusunan Instrumen Survei Kepuasan Masyarakat pada Universitas Jambi Tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Luminor Jambi pada Kamis (03/10/24).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hafrida, S.H., M.H., Ketua LP3M, Dr. Ir. Hj. Sunarti, S.P., M.P., IPU., dan peserta dari perwakilan fakultas yang ada di Universitas Jambi dengan menghadirkan narasumber Denisa Apriliawati, S.Psi., M.Res. yang merupakan anggota LPM UIN Sunan Kalijaga.

Prof. Dr. Hafrida, S.H., M.H., Wakil Rektor Bidang Akademik menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini agar siapapun tim yang melakukan penelitian survei kepuasan masyarakat memiliki instrumen yang sama.

BACA JUGA :  Bazar Ramadan DWP UNJA 2025 Dukung UMKM Jambi Serta Hadirkan Panganan Khas Ramadan

“Tujuan dari kegiatan ini agar siapapun tim yang ditunjuk untuk melakukan penelitian survei kepuasan masyarakat memiliki instrumen yang sama dan diharapkan kegiatan ini menjadi pijakan kita bersama dalam pelaksanaannya yang menjadi salah satu langkah menuju perguruan tinggi yang unggul,” ujar Prof. Hafrida.

Dr. Ir. Hj. Sunarti, S.P., M.P., IPU. Ketua LP3M mengatakan bahwa untuk memperbaharui instrumen yang kita gunakan sebelumnya dan survei indeks kepuasan masyarakat ini digunakan untuk pemenuhan akreditasi Universitas dan Fakultas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperbarui instrumen yang kita gunakan yang berkaitan dengan indeks kepuasan, dimana survei kepuasan masyarakat ini diintegrasikan dengan survei yang dibutuhkan oleh akreditasi program studi dibawah fakultas masing-masing. LP3M akan memvalidasi instrumen ini sekaligus kita terorginir untuk menyebar instrumen ini sehingga kebutuhan masing-masing unit akan terpenuhi,” tutur Dr. Sunarti.

BACA JUGA :  UNJA Laksanakan Safari Ramadan ke Mushola Al-Kausar, Pererat Tali Silaturahmi dengan Masyarakat

Denisa Apriliawati, M.Res., narasumber dalam kegiatan memaparkan materinya tentang bagaimana penyusunan instrumen dan memberikan gambaran lengkap dalam mengisi survei kepuasan masyarakat.

Para peserta diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan melalui pemahaman yang lebih baik tentang survei kepuasan masyarakat agar hasil dari survei ini dapat digunakan sebagai dasar perbaikan yang berkelanjutan, menuju Universitas Jambi yang lebih unggul di masa depan.

Silvia Yuliasari/ Arfa Rida
Foto : Lutfia Putri Handayani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *