MENDALO,- UPT Layanan Internasional Universitas Jambi melaksanakan salah satu agenda kegiatan yaitu In House Training ”Multicultural Understanding-Persiapan Internasional Exchange Student” pada Senin (08/11) di Golden Harvest Hotel Jambi dalam rangka akan dilaksanakannya pertukaran mahasiswa internasional. Acara ini dibuka langsung secara resmi oleh rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D.

“Alhamdulillah pada hari yang berbahagia ini UPT Layanan Internasional menjalankan suatu model pembekalan untuk namanya student exchange atau pertukaran mahasiswa. Pada hari ini dihadiri pula mahasiswa/i yang kami banggakan dari semua fakultas mungkin perwakilan dari prodi yang ada, dan terima kasih juga untuk dekan yang sudah hadir,” ujar Rektor Universitas Jambi.

“Saya akan lebih memberikan catatan penting tentang kegiatan ini mungkin perlu saudara mahasiswa/i sampaikan pada teman-temannya yang tidak sempat hadir pada kesempatan ini. Kita sudah menjalankan namanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jadi ini sudah jalan tahun ke dua jadi sudah Empat semester. Tahun 2020 sudah dilakukan evaluasi dan tahun 2021 akan dilakukan evaluasi juga. Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini salah satu kegiatannya adalah student exchange. Semua kegiatan ini memberikan kesempatan pada mahasiswa/i untuk bebas mencari pengalaman di luar lingkungan kampus mereka sendiri. Yang terpenting adalah 20 SKS digunakan untuk kegiatan ini,” tambahnya.

Kepala UPT Layanan Internasional menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan tugas mereka dalam layanan internasional. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Internasional Day.

“Kami melaksanakan kegiatan ini sebagai salah satu perwujudan tugas kami di UPT Pelayanan Internasional untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan internasional di Universitas Jambi. Pada hari ini kami mengundang adik-adik mahasiswa/i untuk memberikan pelatihan dalam rangka mempersiapkan diri mengikuti pertukaran mahasiswa internasional yang mudah-mudahan tahun 2022 nanti akan dilakukan secara offline,” ujar Dr. Sri Wahyuni.

“Pelatihan hari ini akan ada dua narasumber, yang pertama Dr. Abrar, Christantri Marthaliani, dan Raisa Matanari dan yang kedua adalah para penerima beasiswa LPDP juga Alumni pertukaran mahasiswa asing ketika mereka berkuliah beberapa waktu lalu,” tambahnya

Asmi Ayu Ning Alim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *