MENDALO, – Pembukaan Unja Smart CollaborAction Expo 2021 atau pameran tentang UMKM dan kewirausahaan berlangusng pada Kamis (18/11) di di Balairung Pinang Masak Universitas Jambi, Mendalo. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Asraf, Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, dan para tamu undangan lainnya.

” Saya mengucapkan terima kasih atas undangan dalam acara ini, dan alhamdulillah, dalam kesempatan yang baik ini kita bisa bersilaturahmi dalam acara ini. Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengapresiasi Unja Smart CollaborAction Expo 2021. Inisiatif Universitas Jambi (Unja), terutama para mashasiswa dan mahasiswi yang terlibat dalam event ini merupakan upaya yang sangat positif untuk berpikir dan bertindak tentang entrepreneur (kewirausahaan), hal yang sangat penting untuk mendukung perekonomian kita,” Ujar Gubernur Jambi yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Asraf.

Selain itu ia berharap dengan diadakanya kegiatan ini dapat berdampak menumbuhkan dan mendorong wirausaha khusunya bagi mahasiswa.

“ Bagi yang belum tertarik untuk berwira usaha, semoga tertarik dan ada keinginan untuk berwirausaha, dan bagi yang berkeinginan, keinginannya semakin meningkat untuk berwirausaha, apalagi bagi anak-anak kami mahasiswa dan mahasiswi yang sudah mulai berwirausaha, usahanya semakin berkembang, semakin maju,” tambahnya.

Menurutnya keberadaan UMKM sangat penting dalam perekonomian kita, baik dalam perekonomian daerah maupun dalam perekonomian nasional Indonesia. Sebagai sektor lapangan kerja informal, UMKM sangat banyak membuka/menciptakan lapangan kerja, yang selanjutnya mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan perekonomian.

Sementara itu Rektor Universitas Jambi Prof.Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D, menyampaikan kegaitan ini kedepannya mahasiswa bisa menjadi berwirausaha dan bisa mandiri.

” Saya berharap supaya adik-adik, bisa menjadi enterpreneur (berwirausaha), dan bisa mandiri, bahkan bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat di Provinsi Jambi. Maka, UMKM yang kompetitif, yang bisa bertahan dan berkembang, merupakan salah satu solusi untuk mengatasi persoalan lapangan kerja,” Terang Rektor.

Selain itu ia mengatakan inovasi dan kreatifitas sejalan dengan visi kampus merdeka, merdeka belajar.

“Inovasi dan kreatifitas di kampus sejalan dengan visi kampus merdeka merdeka belajar, menjadi langkah Unja dalam mendukung pemulihan ekonomi,” Terangnya.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 18-19 Nopember 2021, dengan menghadirkan berbagai Produk yang telah dihasilkan oleh mahasiswa Universitas Jambi, seperti produk piring dan mangkuk berbahan pelepah pinang, kreasi makanan berbahan labu madu dalam pembuatan bolu, nastar, kue lapis, serta berbagai produk karya mahasiswa dengan bahan baku yang mudah dijumpai, seperti abon belut permen kolang kaling, dodol pinang jahe, lulur pinang, rendang jamur, dan lain-lain.

Silvia Yuliansari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *