MENDALO,- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat mengadakan acara Penyerahan Sertifikat Paten kepada Inventor Universitas Jambi yang bertempat di aula LPPM universitas Jambi. Acara ini dihadiri oleh Rektor UNJA Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., beserta Wakil Rektor, Dekan, Ketua BAK dan wakilnya, Ketua LPPM, serta bapak ibu dosen inventor dan tamu undangan lainnya di Aula LPPM UNJA Mendalo, Kamis (16/9).

Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu Inventor.

“Terima kasih bapak ibu sudah membantu instansi memperoleh kinerja yang baik dari sentra Hak Kekayaan Intelektual. Bapak ibu Inventor sebagai penguat dan pendorong untuk menghasilkan Hak Kekayaan Intelektual (HIK), saya mengapresiasi para inventor,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan untuk mengejar indikator kerja utama perguruan tinggi khususnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

“Kegiatan pembagian sertifikat ini menjadi indikator kerja utama perguruan tinggi, khususnya kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Paten yang sudah kita terima hari ini adalah sebuah hasil dari proses yang cukup panjang mulai dari mediasi yang dilaksanakan secara daring dikarenakan masih dalam suasana pandemi Covid-19, dan kami bersyukur para inventor sangat kooperatif dan sabar,” ujar Ade Octaviani, S.E., M.M., selaku ketua LPPM.

Dr. Dwi Suryahartati,S.H., M.Kn., selaku ketua panitia dan Koordinator Pusat Studi Hak Kekayaan Intelektual menyampaikan bahwa Sentra KI dibentuk pada 03 Agustus 2018. Motivasi beliau muncul saat membaca pasal 13 UUD tentang setiap perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) untuk mengusahakan alih teknologi kekayaan intelektual (KI).

“Saat sedang mengerjakan disertasi saya baca-baca dan melihat pasal 13 UUD, bahwa setiap perguruan tinggi ataupun Litbang harus mengusahakan adanya sentra KI dan Saya jadi termotivasi untuk mengadakan sentra KI. Setelah itu Sentra KI mulai didaftarkan dan SK pembentukan sentra KI oleh LPPM turun pada tanggal 03 Agustus 2018”,” jelas Dwi.

Ia menambahkan Sentra KI Unja saat ini sudah banyak menerima banyak dosen ataupun peneliti di Unja yang mengajukan KI, namun semua harus diseleksi terlebih dahulu. Setra KI fokus pada KI yang memberikan impect kepada Universitas Jambi. Hari ini sebanyak 25 sertifikat paten diberikan kepada para Inventor.

Asmi Ayu Ning Alim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *