JAMBI,- Masyarakat yang ada di Kelurahan Rantau Indang Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur lebuh banyak bermata pencaharian sebagai Petani, salah satu hasil pertaniannya adalah Pinang, namun produksi Pinang hanya memanfaatkan buahnya sedangkan limbah pinang seperti Kulit hanya di buang, dengan adanya KKN-Kebangsaan dan KKN-Bersama Universitas Jambi, mahasiswa yang berada di Kecamatan tersebut yaitu posko 16 yang memanfaatkan limbah pinang menjadi pupuk organik.

“ Alhamdulillah kita punya 38 Program yang hadir dari disiplin ilmu masing-masing Anggota di posko 16 ini, terkait limbah kulit pinang itu sebenarnya inovasi dari temen-temen jurusan Pertanian, karena melihat komoditas Sekunder kelurahan Rantau Indah Adalah pinang, sedangkan limbah kulitnya hanya dibuang begitu saja,” ujar ketua posko 16 Andreadi Ramadan.

Menurutnya masyarakat sekitar sangat senang dengan pemanfaatan limbah pinang ini karena limbah tersebut dapat bermanfaat juga.

“ Reaksi masyarakat terkait pupuk kulit pinang lumayan bagus, mengingat biasanya masyarakat biasanya hanya mengolah Bonggol sawit ataupun pelepahnya untuk yang di jadiin pupuk,” terangnya.

Selain itu Peserta KKN mengikutsertakan KWT (Kelompok Wanita Tani) sebagai tempat sosialisasi sekaligus praltek bersama warga, seluruh elemen kelompok tani dan pihak Kelurahan Rantau Gedang.

“ Pengolahannya cukup Simpel, kita memanfaatkan Pupuk Kandang, EM4, dedak dan gula kemudian Kulit pinang kering baru kemudian di Fermentasi selama 2 minggu hingga bisa digunakan,” jelasnya.

Limbah Kulit pinang tak hanya jadi sampah, dan memiliki nilai sebagai pengganti pupuk organik lain dan jika sudah menjadi konsumsi pribadi warga.

“ Diharapkan nanti warga mampu untuk melirik Pupuk ini sebagai usaha kecil seperti yang sudah sosialisasikan mengenai “Melirik Dunia Usaha Sejak Dini,” pungkasnya.

Posko 16 KKN Kebangsaan dibawah asuhan Dosen Pembimbing Lapangan Citra Darminto dan Akhmad Fikri Rosyadi yang Beranggotakan Andreadi Ramadan ( Ilmu Hukum, Universitas Jambi), Fani Dwi Nuriyanto ( Seni Pedalangan, ISI Surakarta ) Aisah ( Studi Agama-agama, UIN Sultan Syarif Kasim Riau ) Natalia Kainama, ( PGSD Universitas Pattimura), Suliyani ( Agribisnis, Universitas Jambi ), Ince Reski Meiriani ( Akuntansi, Universitas Negeri Makasar ), Dicky Roy Gabe ( Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Universitas Jambi), Nadif Syafwat ( Agribisnis, Universitas Andalas ), Fiqhy Al-Fath ( Sains, Atmosfer dan Keplanetan, Institut Teknologi Sumatera) Muhammad Syahgozy Boyke ( Ilmu Politik, Universitas Bangka Belitung ), Anjeli ( Ekonomi Pembangunan, Universitas Jambi ), Abdul Latief Al-Ghifari ( Universitas Sebelas Maret ), Geita Yulyan ( Kimia, Universitas Negeri Padang )

SILVIA YULIANSARI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *