TELANAIPURA,- Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi (UNJA) dalam rangka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mengadakan kegiatan diskusi dan evaluasi proses magang serta penandatangan MoA serta PKS dengan beberapa mitra FKIK, pada Kamis (30/6/22) di Ruang Skill Lab FKIK UNJA Kampus Buluran.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIK, Dr. dr. Humaryanto, SP.OT.,M.Kes serta dihadiri 25 mitra FKIK yaitu, Polda Jambi, PPA Provinsi Jambi, PPA Kota Jambi, Panti BRSAMPK, PKBI, Pusat Layanan Autis, Panti Lansia Budi Luhur, Panti Bina Anak, Wanita dan Eks Psikotik, SLB Harapan Mulia, BNNP Jambi, BKSPDM Jambi, Pusat Rehabilitas Al Jannah Jambi, Tkit An Nahl Jambi, Tk Al Agsa Jambi, Tk Al Azhar 57 Jambi, SLB Sri Sudewi Jambi, BKKBN Jambi, Dinsos Provinsi Jambi, HIMPSI Jambi, PT. WKS Jambi, PT. Rimba Hutani Jambi, PTPN VI Jambi, Ikatana Alumni Psikologi UNJA, PT. Lontar Papyrus Jambi dan IPC Cabang Jambi.

Dekan FKIK, Dr. dr. Humaryanto, SP.OT.,M.Kes mengatakan kegiatan hari ini diinisiasi oleh Prodi Psikologi untuk menjalankan program MBKM yang memang membutuhkan lahan dan sarana pendidikan lainnya tidak hanya di kampus tetapi juga di luar kampus.

“ Dengan MBKM bisa menambah pengetahuannya, menambah kompetensi mahasiswa khususnya skil dan praktek dilapangan, saya juga berharap mudah-mudahan kedepannya prodi-prodi lainnya bisa mengikutinya, mungkin ada yang belum melaksanakan MBKM secara penuh dengan ini bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh Prodi Psikologi,” Terang Dr. Humaryanto.

Selain itu menurutnya bagi mahasiswa ini merupakan suatu tantnangn yang dituntut oleh masyarakat dan dunia kerja sehingga kegiatan seperti ini bisa menjadi lahan pembelajaran kepada mahasiswa dan kedepannya bisa mempunyai daya saing yang baik dalam dunia pekerjaan.

“ Dalam kerjasama ini kami mengundang teman-teman dari yang mempunyai komitmen dan kami mendapatkan respon yang sangat baik, sehingga dapat berjalan dengan baik,” Tutur Dr. Humaryanto.

Sementara itu Budi Firdaus Darmasila, S.Farm., A,pt plt. Kepala BNN Provinsi Jambi menyambut baik penandatangan MoA dan PKS ini karena memang sebelumnya sudah ada mahasiswa UNJA yang magang di BNN Provinsi Jambi.

“ Berkaitan dengan MoA hari ini memang beberapa tahun belakang sudah ada MoU dan sudah ada yang magang BNN, dan ini merupakan tujuan yang baik dari visi misi UNJA itu sendiri apalagi terkait dengan ilmu kesehatan ini, bagaimana UNJA tidak hanya fokus pada pendidikan di kampus sata tetapi mahasiswa bisa mengemplemtasikan bagaimana situasi yang sebenarnya,” Ujar Budi Firdaus.

Ia mengatakan kemampuan dilapangan memang harus diasah karena memang  pengalaman kerja inilah yang dibutuhkan, intelektual nomor satu tetapi pengalaman kerja akan dilihat bagaimana mahasiswa bisa beratitude, bagaiaman mahasiswa bisa mengerjakan suatu pekerjaan dengan rentan waktu yang sudah ditentukan.

“ Kita sangat mendukung sekali untuk kedepannya bagaimana bisa menghasilkan mahasiswa lebih baik sehingga pada saat dia telah selesai kuliah dan ketika memasuki dunia kerja dia sudah siap untuk bekerja dan menyalurkan ilmu yang dia punya,” Pungkasnya.

Silvia Yuliansari/HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *