JAMBI,- Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kembali mengharumkan nama Universitas Jambi. Salah satu mahasiswanya yang bernama Raihan Noer Silmi terpilih menjadi Runner Up 2 (Wakil 2) GenRe Batanghari Segmentasi Berkolaborasi Tahun 2022 dalam kegiatan ‘Pemilihan Duta GenRe Batanghari 2022’ yang berlangsung di Gedung Pemuda Batanghari pada 27 Juni 2022.

Pemilihan Duta GenRe Batanghari 2022 sendiri diikuti oleh 128 peserta yang melalui seleksi sejak kegiatan berlangsung di salah satu kampus swasta di Batanghari, Kantor DPPKBP3A, dan berakhir pada pengumuman dan puncak acara di Gedung Pemuda Batanghari. Silmi selaku Runner Up 2 terpilih mendapatkan hadiah berupa piala, uang pembinaan, selempang, dan sertifikat.

Silmi menceritakan motivasi awalnya mengikuti ajang Pemilihan Duta GenRe Batanghari 2022 berawal dari ketidaktahuannya mengenai PIK-R. Sebagai info tambahan, PIK-R merupakan wadah bagi para remaja untuk melaksanakan program kegiatan PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja).

“Pada awalnya, sebelum saya mengetahui adanya PIK-R di PGSD, motivasi saya mengikuti kegiatan ini yaitu ingin mensosialisasikan bahkan menciptakan PIK-R terutama di instansi saya dan di lingkungan masyarakat saya sehingga menciptakan remaja-remaja yang inovatif dan kreatif di era globalisasi saat ini. Di sini saya memohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaktahuan saya terkait PIK-R Saintifik PGSD, dan setelah saya mengetahui adanya PIK-R di PGSD saya langsung mengkonfirmasikan kepada Ketua IMA dan langsung mengabarkan kepada ketua PIK-R PGSD yang sekarang, sehingga saya bisa bergabung di PIK-R PGSD untuk digunakan di grand final kemarin,” ungkap Silmi.

Selain itu, Silmi juga mengungkapkan harapan ke depannya setelah ia terpilih menjadi Runner Up 2 Duta GenRe Batanghari.

“Harapan saya ke depannya membangun semangat bahkan rasa peduli kepada sesama teman sebaya, bahwa kita sebagai remaja harus mengerti akan pentingnya peran remaja sebagai mana dijelaskan dalam Meaningful Youth Participation (MYP) baik di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat saya,” ungkap Silmi.

Ketua Prodi PGSD UNJA, Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., memberikan apresiasi dan berharap Silmi selaku Dutas GenRe Batanghari terpilih bisa mengemban amanah dan tugas dengan baik.

“Prodi memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang memiliki keinginan untuk aktif, memiliki jiwa berkompetisi dalam mengembangkan potensi diri. Seperti mahasiswa PGSD yang terpilih sebagai pemenang Duta GenRe Batanghari 2022. Diharapkan duta ini dapat menjadi role model bagi teman-teman di kampus khususnya, dan remaja pada umumnya. Duta GenRe memiliki tanggung jawab dalam mengedukasi, memberikan konseling, dan mencegah pernikahan dini, dan seks pra nikah di kalangan remaja. Melalui kegiatan ini banyak pelajaran yang dapat diperoleh mahasiswa, dan ini tentu akan membangun pribadinya yang lebih baik lagi,” ujar beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo/HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *