Jakarta-Rektor Universitas Jambi Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D menghadiri acara University and SDG’s Center Network Forum yang diselenggarakan di Shangri-la Hotel, Jakarta yang juga dihadiri oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) dan kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Para Rektor dari seluruh Indonesia, pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan SDG’s lintas sector.

SDG’s merupakan pembangunan berkelanjutan untuk mencapai kesejahteraan, kemakmuran ekonomi dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan melalui tata kelola pembangunan yang inklusif.

“Dalam tata kelola SDG’s yang inklusif. Akademisi merupakan pemangku kepentingan yang berperan dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat” Ujar Rektor dalam keterangannya.

Adapun agenda kegiatan tersebut menghadirkan banyak pembicara kunci yang didahului dengan opening remarks oleh Christophe Bahuet, Country Director, UNDP dan Menristekdikti, Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D., kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Prof. Bambang Brodjonegoro, Ph.D yang membahas defining the role of academia in accelerated achievement of SDG’s.Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow yang dipandu oleh Desi Anwar.

Sebagai informasi, UNDP (United Nation Development Programs) merupakan penggabungan dua organisasi yang sudah ada sebelumnya yaitu bantuan teknis PBB dan Program Dana Khusus PBB.

UNDP merupakan organisasi paling besar diantara organisasi-organissasi khusus PBB dan perannya paling penting bagi negara berkembang. Adapun pusat kegiatannya berada di New York yang beranggotakan 165 negara dan didalammnya terdapat negara dan Lembaga donor lainnya.

AKBAR KURNIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *