“Salah Satunya Program Posyandu Kambing Desa Sungai Muluk”

JAMBI – Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan pelepasan pemberangkatan mahasiswa/i penerima bantuan dana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Tahun 2024. Kegiatan yang dibuka oleh Rektor Unja Prof Helmi ini digelar di depan Gedung IKA Unja, Minggu, 7 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Rektor Unja Prof Helmi mengucapkan selamat kepada 11 tim yang lolos PPK Ormawa 2024. Dirinya berpesan agar mahasiswa dapat kreatif, inovatif, dan kompetitif.

“Selamat kepada 11 tim. Kalian harus berbaur dengan masyarakat. Datangi mereka, berbicara dan serap apa kebutuhan masyarakat dan kita bisa carikan solusinya,” pesannya.

Ia juga meminta agar mahasiswa dapat mengambil kesempatan ini untuk membangun relasi.

“Bangun jaringan di sana, kuatkan masyarakat di sana. Otomatis Ormawa kita juga kuat dan berhasil dan sasaran kita tercapai. Jaga nama baik dan jaga kesehatan,” kata Prof Helmi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Fauzi Syam menyampaikan bahwa tahun ini ada 11 tim yang lolos. Di antaranya ialah, tim HMP Peternakan, PTQ Ar Rayhan, UKM Robotika, Himatektan, PTQ Al Istiqomah, LD At Thobib, Gempita KAT, BEM Faperta, IMABIO, IMAPEFSI, dan IMATIKA. Angka tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu hanya 4 tim yang lolos.

“Hal ini berarti di sumatera kita menduduki peringkat 1 Proposal yang lolos PPK ORMAWA, kita berhasil mengalahkan Universitas-Universitas ternama di Sumatera,” bebernya.

Usai pelepasan pemberangkatan, kegiatan dilanjutkan dengan mengantar tim mahasiswa ke lokasi. Salah satunya, tim PPK Ormawa HMP Peternakan dengan program Posyandu Ternak Dalam Pemberdayaan Masyarakat Peternak Pembibit Kambing Unggul di Desa Sungai Muluk. Di sana, tim mahasiswa dan pihak Unja disambut baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

Bupati Tanjab Barat, diwakili Kepala Bapeda Tanjab Barat, Katamso mengucapkan terima kasih kepada UNJA.

“Terima kasih, Unja mau membina petani/peternak di sini. Karena pemasarannya sangat bagus dan luas bahkan bisa diangkut ke Batam karena permintaan sangat banyak,” ujarnya.

Dan tentu, lanjut diam program ini membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat

Sementara itu, Fahmida, Dosen Pembina PPK Ormawa UNJA dalam sambutannya menyampaikan, dengan kegiatan ini agar mahasiswa dapat mendekatkan diri ke masyarakat, dan UNJA berdampak bagi masyarakat.

“Diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian dan juga tempat bagi dosen dan mahasiswa belajar sebagai (desa laboratorium terpadu). Mahasiswa di sini kuliah lapangan 1 semester per 5 bulan. Kuliahnya langsung bermanfaat untuk masyarakat, misalnya buat pupuk kompos jadi langsung pupuknya bermanfaat untuk masyarakat, untuk ternak kambing mahasiswa ditarget membutingi kambing-kambing di sini, menjadi sentra bibit kambing skala nasional,” ujarnya.

HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *