MENDALO,- Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D., bersama Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia melaksanakan Pertemuan bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta pada Senin (13/9).

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menyampaikan betapa pentingnya Disrupsi Pendidikan karena Disrupsi Pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang mengalami perubahan yang sangat cepat.

“Sebagai pimpinan, sebagai rektor, yang paling cepat mengadaptasi perubahan-perubahan seperti ini siapa. Perguruan tinggi, yang membawa negara ini masuk ke transisi untuk masuk ke gelombang-gelombang besar,” kata Presiden Jokowi di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Senin (13/9).

Presiden juga menegaskan bahwa kita berada pada transisi perubahan besar dunia yang harus diantisipasi.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. mengatakan ingin mendengarkan progres dari kampus merdeka, merdeka belajar yang sudah dijalani pada pertemuan dengan majelis Rektor kali ini.

“ Dalam 2 tahun terakhir ini banyak hal yang telah kita lakukan, saya tidak bisa bayangi apa yang terjadi di Universitas Bapak/Ibu, ada 3 semester di luar prodi, ada progres MBKM serta lainnya dan ini sangat intens. Saya mengapresiasi yang sangat luar biasa kepada bapak/ibu Rektor yang telah memimpin perubahan itu dengan cara yang luar biasa,” ujar Mendikbud.

Kemudian ia juga mengatakan memang terdapat banyak halangan dan tantangan untuk program yang akan dilaksanakan tetapi ia mendapatkan jawaban yang luar biasa dari Rektor-Rektor bahwa semua dapat dijalankan.

“ Tidak ada yang mengatakan tidak bisa tetapi dicoba dulu dan itu luar biasa, ini adalah kemampuan bapak/ibu yang mempunyai attitude yang positif yang berani mengambil resiko dan itu suatu hal yang luar biasa dan sangat-sangat di apresiasi oleh Pak Presiden,” jelas Mendikbud.

Selain itu Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D., yang turut hadir dalam pertemuan bersama Presiden RI mengatakan saat ini Universitas Jambi tengah menjalankan Program MBKM.

“ Universitas Jambi meluncurkan penerapan atau implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem, dan kita akan tingkatkan sumber daya manusia (SDM) di Unja untuk melahirkan para lulusan berkualitas yang siap bekerja dan memiliki kompetensi sesuai kemampuannya,” jelas Rektor.

SILVIA YULIANSARI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

11  +    =  17