MENDALO,- Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMIP UNJA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Jambi (UNJA) menyelenggarakan acara Seminar Sosiopreneurship yang mengangkat tema ‘Mengukur Dampak Sosial dalam Sosciopreneurship: Metode, Tantangan, dan Peluang’. Kegiatan ini berlangsung pada 15 November 2023, bertempat di Ruang Teater Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Dalam suasana yang penuh antusiasme, seminar ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan UNJA. Beliau menekankan pentingnya pengembangan dan penerapan konsep sosiopreneurship dalam merespons perubahan sosial yang terus berkembang di masyarakat.

Puncak acara ini adalah paparan dari seorang pemateri handal dalam bidangnya, yakni Alman Aldiansyah, yang merupakan Founder dari PT Tri Multi Nusantara. Aldiansyah, seorang figur yang telah mencatat prestasi gemilang dalam menjalankan perusahaan yang tidak hanya menghasilkan keuntungan finansial tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Dalam penyampaiannya, Aldiansyah menyoroti metode-metode penting dalam mengukur dampak sosial yang dihasilkan oleh usaha sosiopreneurship. Ia menekankan pentingnya menggunakan pendekatan yang holistik dan terukur dalam mengevaluasi dampak tersebut.

“Sosiopreneurship bukan hanya sekadar bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kita mengubah paradigma bisnis untuk menciptakan nilai sosial yang signifikan,” ujarnya dengan penuh semangat.

Pemateri ini juga tidak melewatkan kesempatan untuk membahas tantangan yang sering dihadapi oleh para sosiopreneur dalam mengukur dampak sosial. Dalam menjelaskan hal ini, Aldiansyah menegaskan bahwa salah satu tantangan terbesar adalah menemukan metode yang tepat untuk mengukur dampak sosial tersebut.

“Keterbatasan dalam mengukur dampak sosial bisa menjadi hambatan, namun dengan pendekatan yang tepat, kita dapat mengatasi hal tersebut,” tambahnya dengan penuh keyakinan.

Lebih lanjut, Aldiansyah juga menggambarkan potensi besar yang terbuka lebar bagi para sosiopreneur. Menurutnya, dengan kemajuan teknologi dan kesadaran akan kebutuhan akan solusi sosial yang berkelanjutan, terdapat peluang besar bagi mereka yang ingin menciptakan perubahan positif dalam masyarakat melalui sosiopreneurship.

Acara ini juga disemarakkan oleh partisipasi aktif peserta seminar yang berasal dari berbagai kalangan, baik mahasiswa, akademisi, maupun praktisi di berbagai bidang. Diskusi yang terbuka dan penuh ide-ide segar turut menghiasi jalannya acara, memberikan ruang bagi berbagai sudut pandang dan pengalaman yang beragam.

Keseluruhan acara ini berhasil menciptakan suasana yang memotivasi serta memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana sosiopreneurship dapat menjadi alat yang efektif dalam mencapai perubahan sosial yang berkelanjutan. Kegiatan yang dipandu dengan gaya bahasa ilmiah ini memberikan pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya tidak hanya mencari keuntungan finansial, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat secara luas.

Seminar Sosiopreneurship yang digelar oleh HIMIP UNJA ini tidak hanya menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan tetapi juga meningkatkan kesadaran akan peran strategis sosiopreneurship dalam membangun masyarakat yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Di bawah arahan pemateri ulung seperti Aldiansyah, acara ini berhasil menjadi ruang inspirasi bagi para peserta untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka dan menjadikannya wujud nyata melalui konsep sosiopreneurship.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada narasumber Seminar Sosiopreneurship  yang memberikan kontribusi terbaik. Keberhasilan acara ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi HIMIP untuk menggelar kegiatan serupa di masa mendatang, membawa semangat Kewirausahaan yang penuh makna dan mendalam.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Abu Hoiroh / HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *