MENDALO,- Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait bidang keahlian dan bidang lainnya melalui dengan mengundang pakar untuk memaparkan ide, konsep, pengalaman dan wawasan melalui kuliah Umum, Stadium General PAI Universitas Jambi mengadakan Kuliah umum dengan tema, “Wawasan Keagamaan dan Kebangsaan Kaum Muda yang Moderat, Inklusif dan Rahmatan lil`alamin”, Sabtu (4/9).

“ Acara ini sangat penting karena moderasi dalam beragama ini perlu disampaikan ke generasi muda yang awal-awal baru masuk ke Universitas, soalnya kita tahu bahwa salah satu yang paling penting itu adalah narasi yang diungkapkan di berbagai media sosial itu terkadang tidak sama dengan kenyataannya dan terlalu banyak latar belakang dibalik dari postingan-postingan dimedia sosial, itu sebabnya dalam RPJMN 2020-2024 itu memperkuat agama itu salah satunya yang menjadi pilarnya,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari M.Sc.

Selain itu Dr. Teja mengatakan salah satu cara yang dilakukan untuk moderasi dalam keagamaan dengan mengadakan kuliah umum dan dialog keagamaan.

“ Salah satunya diantarnya adalah bagaimana memperkuat moderasi agama, caranya bagaimana ya dengan kuliah umum, dengan dialog kemudian menunjukan toleransi beragama dan lain sebagainya,” Terangnya.

Ia berharap dengan adanya kuliah umum dan dialog keagamaan agar jika ada pengaruh-pengaruh negatif media sosial dapat di netralisir dengan moderasi keagamaan.

Stadium General PAI UNJA menghadirkan Narasumber Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H.M. Asrorun Na`im Sholeh, M.A., dengan memberikan Kuliah umum yang berjudul Wawasan Keagamaan dan Kebangsaan Kaum Muda yang Moderat.

Stadium General diikuti lebih kurang 1000 mahasiswa Universitas Jambi melalui Zoom Metting dan live Youtube Universitas Jambi.

SILVIA YULIANSARI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *