MENDALO,- Sejatinya Hall atau Aula olahraga diperuntukan untuk olahraga salah satunya Hall badmintom, namun di tengah pandemi yang terjadi Hall bisa beralih fungsi menjadi tempat rekreasi bagi sebagian mahasiswa yang ingin menghabiskan harinya untuk berolahraga dan berekreasi. Di Universitas Jambi Hall Badminton yang terdapat di gedung porkes UNJA Mendalo sejak di resmikan beberapa waktu lalu dimanfaatkan oleh Mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik bahkan oleh masyarakat sekitar.

Terkhusus Mahasiswa bisa memakai lapangan ini dari Pagi hingga malam, pagi hingga siang mahasiswa bisa memakai lapangan ini dengan membawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) terkecuali mata kuliah mahasiswa PORKES sedang berlangsung. Dan Siang hingga malam lapangan ini di buka untuk umum dengan membayar uang sewa perjam/member per bulan agar bisa terjadwal dan tidak bertumburan dengan jadwal lainnya. Hal ini, diharapkan menjadi sarana dan menyalurkan hobbi di cabang olahraga badminton.

Olahraga badminton ini merupakan salah satu olahraga yang sangat diminati oleh mahasiswa-mahasiswa di kampus Universitas Jambi ini. Terbukti dengan hampir setiap saat selalu ditemukan mahasiswa sedang bermain olahraga ini. Menurut Kepala Prodi ini banyak sekali ditemukan mahasiswa yang bermain olahraga ini. Tidak tanggung-tanggung bahkan sampai malam pun tetap ada saja mahasiswa yang bermain disana baik dari fakultas itu sendiri atau ada juga dari fakultas lain.

Fasilitas olahraga badminton ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pendidikan dan proses perkuliahan saja, tapi boleh juga digunakan pada saat jam di luar itu. Karena selain untuk kepentingan edukasi, sarana ini juga digunakan untuk keperluan rekreasi para mahasiswa disana.

“Fasilitas olahraga badminton ini hanya boleh digunakan mahasiswa pada jam-jam tertentu yaitu dari pagi jam 9 sampai jam 2 dan untuk sore hari itu sudah disewakan untuk umum. Jadwal per fakultas ini bisa dipakai fakultas lain asalkan tidak mengganggu jadwal perkuliahan. Rektor UNJA mengatakan sudah mengeluarkan surat keputusan tentang jadwal dan sistem pengelolaan ini,” ucap kepala jurusan Pendidikan Keolahragaan dan Kesehatan Dr. Palmizal A, S.Pd., M.Pd.

Menurut Beberapa mahasiswa yang ada di Hall tersebut dengan adanya lapangan badminton ini mereka bisa mengasah kemampuan mereka di bidang olahraga terutama badminton,walaupun mereka bukan dari jurusan keolahragaan. Hall Badminton ini memberi banyak manfaat bagi mereka yang jarang tau tentang Olahraga Badminton.

‘Kehadiran Hall badminton di yang bertempatan di Gedung Porkes Universitas Jambi. Kami Mahasiswa sangat senang menyambutnya, dikarenakan saya tidak tau tentang olahraga badminton ini menjadi tau, dari awal mula tidak bisa smash, tidak bisa service dan tidak bisa main badminton jadi bisa intinya. Sangat banyak sekali manfaatnya bagi saya,” ucap Ridwan salah satu mahasiswa Universitas Jambi.

Dengan hadirnya Hall Badminton ini, walaupun hanya bermain untuk senang-senang, mahasiswa harus tetap menjaga Etika dalam olahraga. Misalnya harus menggunakan peralatan olahraga,menggunakan sepatu, menggunakan baju olahraga dan celana olahraga.

Ijlal Mazta

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *